KUANSINGNUSANTARARIAU

Staf Ahli Menteri Pariwisata RI Dampingi Gubernur Riau Buka Secara Resmi Pacu Jalur Di Lapangan Limuno Teluk Kuantan

 

KARIMUNTODAY.COM,TELUK KUANTAN – Staf Ahli Bidang Multikultural Menteri Pariwisata Indonesia Dra. Esty Reko Astuti bersama Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rahman,SE.MBA beserta rombongan, didampingi Bupati Kuansing Drs.H.Mursini,M.Si, Wakil Bupati H.Halim, Kapolres Kuansing AKBP Fibri Karpiananto,SH.SIK beserta Rombongan, Kapolda Riau beserta rombongan, Datuk Bisai Limo Koto di Tongah Edyanus Herman Halim,SE.MM tiba di lapangan limuno dalam acara Pembukaan Pacu Jalur Tradisional, Rabu (29/08/2018) pukul 09.30 wib.

Ketua Umum Panitia Pelaksana Pacu Jalur Tradional Tepian Narosa Teluk Kuantan H.Halim, dalam sambutannya mengatakan selamat datang kepada Ibu Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural, Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rahman,SE.MBA beserta rombongan, Kapolda Riau atau yang mewakili, Kapolres Kuansing AKBP Fibri Karpiananto,SH.SIK, Datuk Bisai orang Godang Limo Koto di Tongah, seluruh pejabat dilingkungan Pemkab Kuansing, Kabupaten tetangga, Forkopimda, dan semua undangan yang hadir pada Even Nasional Pacu Jalur Tepian Narosa di Teluk Kuantan.

Kegiatan Pacu Jalur Even Tradisonal Tepian Narosa Teluk Kuantan masuk dalam Kalender Pariwisata Republik Indonesia. Tradisi leluhur nenek moyang Kabupaten Kuansing yang sudah berumur ratusan tahun ini juga merupakan Pariwisata Budaya tervaforit pada pesona Indonesia tahun 2017 yang lalu, untuk itu masyarakat pantas berbangga atas Budaya Pacu Jalur Kuansing yang sudah mendunia ini,” ucap Wabup Halim.

“Saya selaku Ketua Umum Panitia Pelaksana Pacu Jalur mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh panitia telah bekerja mempersiapkan segala sesuatunya untuk pelaksanaan pacu jalur ini dengan sebaik-baiknya. Seterusnya, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang telah mendukung baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Riau, pihak swasta yang saling bahu membahu, demi kesuksesan pelaksanaan pacu jalur ini,” ungkap Wabup.

“Alhamdulillah pada hari ini acara Pembukaan Pacu Jalur sesuai jadwal dapat kita laksanakan, semoga pacu jalur tahun 2018 ini dapat berjalan aman, lancar dan sukses,” Wabup Halim menambahkan.

Selanjutnya, Datuk Bisai Orang Godang Limo Koto di Tongah Kuansing Edyanus Herman Halim, SE.MM juga menyampaikan sambutannya, menyambut baik kedatangan Ibu staf Ahli Bidang Multikultural Menteri Pariwisata RI Dra.Esty Reko Astuti diacara pembukaan pacu jalur leluhur nenek moyang Kuantan Singingi. Semoga kedepan pacu jalur ini akan lebih mendapat perhatian yang maksimal dari Pemerintah Pusat, sehingga tradisi budaya leluhur ini dapat dilaksanakan lebih meriah lagi untuk tahun-tahun berikutnya.

Pada kesempatan itu juga, Datuk Bisai Edyanus, meminta pada pihak swasta dan pemerintah demi melestarikan budaya pacu jalur ini, perlu adanya ketersediaan bahan baku kayu jalur, untuk itu dipandang perlu adanya sebuah konsesi lahan hutan masyarakat minimal tiga hektar per Kecamatan,” harap Datuk Bisai.

Kemudian Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rahman,SE.MBA menyampaikan apresiasi yang tinggi dengan dinobatkannya Tradisi Pacu Jalur sebagai Budaya Masyarakat Kuansing bidang menjadi terfavorit pada Pesona Budaya Indonesia tahun 2017, dan berharap ini tetap dapat dilestarikan dengan baik,” ucap Gubri.

Lebih lanjut, Bupati Kuansing Drs.H.Mursini,M.Si menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Ibu Esty Reko Astuti Staf Ahli Menteri Pariwisata RI atas kehadirannya pada pelaksanaan Even Tradisional Pacu Jalur Kuansing di Tepian Narosa Teluk Kuantan, selaku Pemerintah Daerah dan Tuan Rumah patut berbangga pada tradisi leluhur nenek moyang Kuansing Pacu Jalur yang telat menjadi Kalender Pariwisata Provinsi Riau serta telah meraih Pariwisata terfavorit pada Pesona Budaya Indonesia tahun 2017.

“Marilah kita pelihara, agar Even Tradisional Pacu Jalur Kuansing ini tetap lestari, dan diharapkan mampu memberikan multi efek terhadap perekonomian masyarakat Kuansing, serta mampu meningkatkan income pendapatan masyarakat dari sektor pariwisata,” pinta Bupati. (*)

Laporan    : Roder/Humas Pemkab Kuansing

Editor        : Indra H Piliang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close