JAWA TENGAH

AKP Wajaya Jati, Permudah Identifikasi Gigi Tahanan Mapolres Grobogan  di Periksa  

 

KARIMUNTODAY.COM,GROBOGAN -Seluruh tahanan Mapolres Grobogan, Jawa Tengah, diambil database antemortem. Para tahanan diambil data giginya untuk dimasukkan ke dalam sebuah aplikasi kepolisian yang bisa digunakan untuk proses identifikasi.

Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Jawa Tengah, melakukan pemeriksaan kepada para tahanan Mapolres Grobogan. Satu per satu tahanan diperiksa kesehatannya, mulai dari tekanan darah dan detak jantung. Usai pemeriksaan kesehatan, para tahanan menjalani pemeriksaan gigi.

Menurut AKP Wajaya Jati, Tim DVI Biddokkes Polda Jateng mengatakan  ini merupakan program dari mabes polri untuk mengambil database antimortem, database  tersebut akan dimasukkan ke aplikasi kepolisian.” Ini merupakan kegiatan dari Mabes Polri untuk mempermudah identifikasi jika terjadi bencana,maupun proses lainnya,” ucapnya

Lebih lanjut Wajaya menambahkan,pada pemeriksaan tersebut menggunakan rumus ondotogram, yakni pendekatan rekam medis untuk menggambarkan kondisi gigi. Mulai dari jumlah,bentuk, hingga susunan gigi. “ Setelah diperiksa,data gigi ini akan dikirim ke Lembaga Kedokteron Ondotogram Kepolisian(LKOK) di Jakarta, dan selanjutnya dimasukkan ke dalam sebuah aplikasi kepolisian,” jelasnya

Program pengambilan data gigi merupakan program dari Pusdokkes Polri, untuk memudahkan tugas Polri jika terjadi bencana,penemuan jenazah dan tugas lain yang membutuhkan proses identifikasi.(*)

Laporan    : Nurulyadi

Editor        : Indra H Piliang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close