PEMILU 2019SIAK

Cegah Terjadinya Pelanggaran, Panwascam Minas Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019

KARIMUNTODAY.COM, SIAK– Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Minas menggelar sosialisasi pengawasan pemilu dalam rangka pemilihan umum anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Hotel Rindu Sempadan, kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau. Pada Jumat (14/12/2018).

Ketua Panwascam Minas, Syahruddin mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk memantapkan kesepahaman tentang proses tahapan dan pelaksanaa pemilu 2019 mendatang. “Kami dari Panwascam Minas mengajak kepada pemangku kepentingan, baik itu di pemerintahan maupun nonpemeritah untuk bersama-sama mencegah terjadinya pelanggara,” kata dia.

“Tentunya dalam hal ini kita bertujuan agar masyarakat ini mengetahui seperti apa proses sebenarnya pemilu 2019 itu, apa aturan-aturannya misal seperti UU NO. 7 Tahun 2017, PKPU 23 Tahun 2018 dan Perbawaslu 28 Tentang Kampanye Pemilu, jadi di sini kita mengharapkan khususnya kepada masyarakat yang saat ini kami undang hadir dalam kegiatan ini, Tentunya dalam hal ini kita mengundang masyarakat dari setiap desa agar mereka memahami proses pemilu 2019 dengan segala aturan yang ada,” Terangnya.

Selain pencegahan terjadinya pelanggaran pemilu, dia juga mengajak kepada stakeholder, terutama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kepala desa untuk selalu bersikap netral dalam tahapan pemilu. Sekaligus menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikan sikap tersebut.

“Undang-undang desa sudah mengatur bahwa kepala desa bersama perangkatnya dilarang untuk ikut dalam politik praktis, Begitu juga dengan ASN yang banyak melakukan kegiatan politik praktis, padahal itu bukan tugasanya. Tugasnya adalah melayani masyarakat. Itu yang kita ingin sadarkan kepada ASN bahwa pelanggaran-pelanggaran sebelumnya tidak terulang lagi,” Tambahnya.

Sementara itu, Ahmad Dariri.SE Selaku Anggota Banwaslu Kabupaten Siak Devisi PP (Penindakan Pelanggaran) yang hadir selaku narasumber dalam kegiatan itu mengungkapkan, kegiatan serupa akan selalu digalakkan oleh pihak pengawas pemilu di setiap kecamatan di seluruh kabupaten Siak khususnya. Tujuannya agar kualitas perhelatan demokrasi tersebut semakin baik.

“Pengawas pemilu itu tidak bakalan berhenti untuk selalu mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak melakukan pelanggaran pemilu. Jadi jangan bosan-bosan kepada panitia pengawas, semangat terus. Dan Kami sudah Roadshow dibeberapa kecamatan terkait masalah pengawasan ini, jadi tentunya sangat perlu partisipasi dari masyarakat untuk proses pemilu 2019 ini, dan disini kita memberikan pemahaman terhadap masyarakat tentang masalah pemungutan suara dan segala hal yang berkaitan dengan pemilu 2019 nanti, baik itu tentang pelanggaran khususnya di wilayah Kecamatan Minas ini, dan hal ini akan kami lakukan di setiap kecamatan saat ini sudah 7 kecamatan dari 14 kecamatan sekabupaten siak yang telah kami adakan kegiatan ini,” Terangnya.

Acara tersebut pun tampak dihadiri PPK dan PPS, tokoh agama, para pengawas desa dan kelurahan, tokoh masyarakat serta para ketua parpol dan ketua Orams se-kecamatan Minas. (*)

Laporan    : Idris Harahap

Editor        : Indra H Piliang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: