BUKIT TINGGISUMBAR

Cetak Sejarah, Forum Wartawan Indonesia Peduli Desa Terbentuk di Bukittinggi

 

KARIMUNTODAY.COM, BUKITTINGGI — Selama 2 hari digelar, Focus Group disscusion (FGD) Kemendes PDTT RI bersama jurnalis Sumatera Barat akhirnya melahirkan Forum Wartawan Indonesia Peduli Desa.

Forum ini lahir setelah 45 jurnalis yang mengikuti diskusi dengan tema “peran media dalam meningkatkan investasi di desa dan kawasan perdesaan”, ini menyamakan persepsi untuk memajukan desa bersama program pemerintah melalui dana desa.

Forum Wartawan Indonesia Peduli Desa ini nantinya akan menyumbangkan pemikiran demi kemajuan desa di Negeri ini. Pemikiran yang dimaksud, dimana media sebagai kontrol sosial dapat memberikan ide kreatif dan inovatifnya kepada pihak Nagari.

” Saya mengapresiasi perjuangan media dalam membentuk forum demi kemajuan desa di tanah air ini. Ini sebuah sejarah yang lahir di kota bukittinggi,” ujar Febi Dt. banso, Staf khusus bidang strategis Kemendes PDTT RI.

Febi Dt. banso mengungkapkan jika selama ini pemerintah desa/ nagari fokus pada pembangunan infrastruktur, namun pada 2019 mendatang penyaluran dana desa akan lebih difokuskan pada peningkatan ekonomi kemasyarakatan.

Munculnya badan usaha milik desa/ nagari, menjadi salah satu perhatian pemerintah pusat nantinya. ” jika selama ini Kepala Desa atau Nagari tertuju pada infrastruktur, namum 2019 akan lebih tertuju pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Untuk itu, media sangat berperan penting dalam memberikan ide ide inovatifnya kepada pemerintah desa atau nagari,” ucap pria yang juga Ketua PKB Sumatera Barat ini.

Hadirnya Forum Wartawan Indonesia Peduli Desa ini diharapkan dapat bekerjasama dengan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI dalam mewujudkan cita cita pemerintah dalam menuntaskan persoalan kemiskinan dan desa tertinggal di negeri ini.

Diharapkan forum ini juga terbentuk di provinsi lain di Indonesia melalui arahan DPP yang telah terbentuk. Berikut kepengurusan inti DPP Forum Wartawan Indonesia Peduli Desa Yang diideklarasikan oleh Indonesia ’45 (45 peserta FGD Bersatu Bangun Bangsa) Pelindung/Penasehat: • Eko Putro Sandjojo • H Febby Datuk Bangso Ketua Umum: • Pinto Janir Ketua • Firdaus Abie Wakil Ketua •Dodi Iwan Syahputra Sekretaris: • Hijrah Adi Syukrial Bendahara: • Putri Siltya Caprita.

Dikukuhkan Oleh: H. Febby Datuk Bangso, Ketua Forum Bumdes Indonesia/Staf Khusus Kemendes PDTT RI dan Disaksikan Oleh Sapta Kusuma Wijaya, Biro Perencana Sekretariat Jenderal Kemendes PDTT RI.(r)

Laporan   : Wahyu Uliadi

Editor      : Indra H Piliang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: