SIAK

Jalan Lintas Milik Provinsi Riau Di Siak Rusak Parah Butuh Perbaikan, Warga: Mana Peran DPRD Riau Dapil SIAK

 

KARIMUNTODAY.COM, SIAK– Kerusakan infrastruktur jalan raya lintas provinsi yang menghubungkan antar Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan yang menuju Kota Pekanbaru, dikeluhkan warga sekitar yang bermukim di sekitaran jalan rusak itu. Tepatnya jalan lintas Perawang-Minas Km.11Kampung Perawang Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau.

Pasalnya jalan utama milik provinsi Riau ini, seolah dibiarkan tanpa ada perbaikan. Akibatnya warga pun komplain karena apabila musim kemaru tak jarang debu-debu akibat lalu lalang mobil di jalan itu akan bertebaran hingga kerumah dan kios-kios warga yang dapat menyebabkan gangguan terhadap pernafasan.

Senin (03/12/2018), Arif salah seorang warga di sekitaran jalan itu, mengeluhkan kondisi jalan kepada awak media, “Udah bertahun-tahun mas, jalan ini di biarkan rusak oleh pemerintah, waktu ada proyek semenisasi dulu entah kenapa ditinggalkan yang sikit ini padahal hanya kurang lebih 300 meter. Kalau kemarau debunya banyak terbang-terbang kerumah. Apa lagi kami yang punya anak kecil di sini kadang sesak nafas di buatnya. Dagangan kami pun rusak dibuat oleh debu itu, jadi kotor,” keluh Arif salah seorang warga di sekitaran jalan di km.11 Perawang itu.

Ditambahkannya bahwa, kerusakan jalan tersebut telah sering mengakibatkan insiden kecelakaan, terutama bagi para pengendara sepeda motor. “Sering kecelakaan di sini. Kami harap Pemkab Siak maupun Pemprov Riau segera memperbaiki jalan ini lah bang. Jangan sampai ada korban jiwa, baru diperbaiki”, tambahnya.

Pantauan Awak media, sepanjang jalan utama Perawang menuju Minas terutama yang melintasi wilayah Kampung Perawang Barat, memang kondisinya sudah cukup parah. Di beberapa titik, terlihat lubang-lubang menganga dengan diameter cukup lebar dan kedalaman sekitar 20 hingga 50 centimeter.

Bahkan terkadang warga sekitar sengaja membuat batang kayu memalang di badan jalan agar tidak dilalui kendaraan, karena debu maupun percikan lumpur dari lalu lalang kendaran itu dapat bertebaran dan memercik kerumah-rumah warga di sepanjang jalan rusak tersebut.

Warga lainnya, Syahrial, mengatakan, “Mana yang katanya dewan Asal Siak yang duduk di DPRD Riau itu, masa jalan provinsi di Siak ini di biarkan rusak seperti gini. Tolonglah khususnya kepada para dewan yang duduk di DPRD Riau itu perhatikan sedikit kita yang ada di siak ini. Kalau tidak diperbaiki juga bisa memicu laka lantas lagi. Apa lagi sebentar lagi orang banyak yang mau pulang kampung lebaran natal sama liburan tahun baru,” pinta Syahrial, Senin (03/12/2018) salah seorang warga perwang yang kebetulan melintas di jalan itu. (*)

Laporan    : Idris Harahap

 Editor        : Indra H Piliang

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close