PAYAKUMBUHSUMBAR

Luar Biasa !!! Melalui 5 K, SMPN 2 Payakumbuh Cetak Atletik Terbaik

KARIMUNTODAY.COM, PAYAKUMBUH — Sejak dipercayainya SMPN 2 Payakumbuh sebagai sekolah penyelenggara kelas olahraga oleh menteri pendidikan dan kebudayaan, Kepala SMPN 2 Payakumbuh selalu giat berupaya agar program tersebut berjalan maksimal dan berhasil guna.

Sejak tahun ajaran 2018/2019, dua kali sudah sekolah yang terletak di Jalan Profesor Hamka No 22 Kaning Bukit Kelurahan Tigo Koto Dibaruah Kec. Payakumbuh Utara ini menggelar Lomba Lari 5 Kilometer (5K) Hal itu dijelaskan Kepala SMPN 2 Payakumbuh Desfiwati saat memberikan sambutan pelaksanaan Lomba Lari 5 K, Sabtu (15/12/2018) pagi.

Lomba Lari 5 K yang diikuti ratusan siswa SMP / Mts se Kota Payakumbuh ini dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan bersama Ketua KONI Kota Payakumbuh, Kapolsek didampingi kepala sekolah / madrasah.

“Alhamdulillah, sekolah kita telah giat melahirkan para atlit terbaik dari Kota Payakumbuh. Terbukti dengan banyaknya siswa kita terlibat di iven olahraga di tingkat Kota hingga Nasional.

Hal ini Beban moral karena kita sudah diamanahi beban sebagai penyelenggara Kelas Olahraga dari Kemendikbud. Kita berharap dengan iven ini, kita bisa menjalin silaturahim sambil menginventaris bibit atletik.

 Selain itu, kita akan berupaya merubah mindset masyarakat bahwa olahraga merupakan hal biasa, tapi sebenarnya olahraga itu kunci sehat yang mampu mendongkrak daya kembang otak.

Di dalam olahraga ada unsur strategi untuk bisa menjadi yang terbaik serta mengharumkan nama baik daerah dengan prestasi,” Desfiwati akhiri sambutannya. Terlaksananya iven SMPN 2 Payakumbuh 5K ini mendapatkan apresiasi positif dari Ketua KONI Kota Payakumbuh yang pagi itu diwakili Sekretarisnya, H. Ostimardi. “Perdana SMPN 2 Payakumbuh gelar 5K menjelang PPDB, dan hari yang kedua kalinya.

Tentunya selaku induk olahraga di Payakumbuh, Koni sangat Menyambut baik kegiatan ini dan kalau bisa lembaga pendisikan lain juga menirunya. Karena hari ini olahraga bukan lagi alternatif, tapi sudah menjadi kebutuhan yang menjanjikan. Olahraga menjadi gambaran pertumbuhan sebuah bangsa dan dapat kita lihat di Olimpiade 2020 di Jepang nanti, negara yang sudah maju bidang olahraganya pasti ikut. Menunjang semua itu, Indonesia sudah siapkan Politeknik Olahraga di Palembang sebagai wadah industrialisasi atlit.

Kendati demikian, kita di daerah juga mesti mensukseskan. Mohon pemerintah memfaailitasi,” ungkap Ostimardi.

Membuka resmi SMPN 2 Payakumbuh 5K, Kepala Dinas Pendidikan diwakili Kabid Dikdas Irwanto Dt. Parmato Dirajo pesankan bahwa olahraga akan melahirkan atlit yang akan mengisi pundi prestasi nasional dan internasional.

“Kalau ananda serius dan berusaha dalam sebuah cabang, pastinya akan berjasil maksimal, termaauk di bidang olahraga. Alhamdulillah SMPN 2 Payakumbuh sudah memulai proses melahirkan atlit dengan menggelar Iven 5K ini untuk kedua kalinya. SMPN 2 Payakumbuh sudah diamanahi kelas olahraga oleh Kemendikbud, untuk tahun 2019 akan menyusul SMPN 3 dan SMPN 9 payakumbuh. Mohon doanya,”terang irwanto.

 “Yang terpenting adalah, dikala kita melakukan hal sunat jangan lupakan hal wajib. Maksudnya adalah, pbm merupakan hal wajib bagi ananda semua. Silahkan mengejar prestasi secara seimbang. Artinya, Prestasi akademik adalah prioritas dan prestasi sebagai atlit juga utama. Selamat berlomba,”Irwanto pesankan sembari melepas lomba lari SMPN 2 Payakumbuh 5K dengan basmallah.

Usai dilepas resmi, para Pelari 5K tingkat SMP / Mts mulai memperlihatkan kebolehannya setelah dilepas di garis Start depan SMPN 2 Payakumbuh bertolak menuju simpang Kaniang Bukit menuju Simpang nan Kodok menuju Padang Kaduduak ke arah Simpang Tarok. Dari perempatan tarok peserta berlari menuju garis Finish di depan SMPN 2 Payakumbuh.

Dari nominasi lomba didapati pemenang lomba SMPN 2 Payakumbuh 5K. Juara I Putra diraih Rahmat Hidayat, siswa SMPN 9 Payakumbuh dengan nomor dada 136 setelah pecahkan waktu tempuh 18 Menit 27 detik disusul Muhammad Rahes dari SMPN 8 Payakumbuh bernomor dada 113. Peserta dari SMPN 2 Payakumbuh, Mohammad Risky bernomor dada 172 harus puas di Posisi 3.

Sedangkan untuk 5K Putri, Juara I diraih Aulia Rahmi, Juara II Hana Fauziya. Kedua peraih juara berasal dari SMPN 2 Payakumbuh. Sedangkan Juara III diraih Sari Nadira dari SMPN 9 Payakumbuh. Sedangkan siswi MTsN 2 Payakumbuh, Kurnia Ilahi yang juga ikut di iven ini harus puas di Posisi 10 besar.

Disela penyerahan hadiah, Kepala SMPN 2 Payakumbuh sampaikan terima kasih kepada Pemko Payakumbuh, Kadiknas, KONI, Polres Payakumbuh, para Kepala SMP / Mts yang telah berpartisipasi, dan keluarga besar SMPN 2 Payakumbuh serta pengurus osis.

“Terima kasih atas partisipasinya. Kesempatan ini kita baru bisa berikan hadiah untuk Juara Harapan. Hadiah berupa Tabanas dan Piagam. Insyaallah mendatang kita tingkatkan,” pungkas Desfiwati yang akrab diaapa Ummi sambil menyerahkan hadiah.(*)

Laporan     : Wahyu Uliadi

 Editor        : Indra H Piliang

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: