LIMAPULUH KOTASUMBAR

Pantau Kondisi Pasca Bencana,Bupati Limapuluh Kota  Pastikan Aktifitas Masyarakat Kembali Normal

 

KARIMUNTODAY.COM, LIMAPULUH KOTA — Pasca bencana, banjir dan longsor yang melanda kabupaten Limapuluh Kota, beberapa waktu lalu. Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi Meninjau sejumlah Kecamatan yang pernah terdampak, Sabtu (15/12/2018) kamaren.Diantaranya, Kecamatan Harau, Luak, Lareh Sago Halaban, Suliki dan Kecamatan lainnya.

Menurut Irfendi, setelah musibah banjir menghadang sejumlah wilayah di Limapuluh Kota, sejumlah perkampungan dan pertanian penduduk ikut terendam. Untuk itu, pihaknya bersama dinas terkait melakukan peninjauan ke beberapa lokasi melihat kondisi masyarakat.

“Alhamdulilah, pasca bencana aktifitas masyarakat kembali normal, masyarakat sudah kembali beraktifitas,”ujarnya ketika meninjau persawahan penduduk di Kenagarian Andaleh, Kecamatan Luak yang terendam berapa waktu lalu Hal ini terlihat, ketika masyarakat sekitar sudah melakukan aktifitas pertanian di beberapa sawah yang sebelumnya terendam.

Usai mengujungi Kenagarian Andaleh, bupati juga mendatangi Kenagarian Taram yang beberapa waktu lalu rumah juga ikut terendam. Menurutnya, mengantipasi bencana bajir pihaknya akan koordinasi dengan pemerintah Provinsi dan pusat mencarikan solusi agar musibah banjir dapat diminimalisir.

“Syukurlah, masyarakat sudah beraktifitas kembali seperti biasa. Namun tetap saya ingatkan agar berhati-hati serta waspada akan terjadinya bencana,”ungkapnya.

Dirinya, berharap agar Kabupaten Limapuluh Kota tidak lagi dilanda musibah banjir dan Longsor. Meskipun memang jika hal itu terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya, pihaknya sudah mempersiapkan untuk melakukan penanggulangan. “beberapa waktu lalu, kita telah melakukan aksi siaga bencana bersama BNPB. Harapan kita, supaya kita selalu siaga mudah-mudahan tidak ada banjir sampai seperti biasanya. Kita tidak mengharapkan banjir tapi kita sudah mempersiapkan semuanya untuk antisipasi,” katanya.

Dingingatkan bupati, apabila kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk beraktifitas, masyarakat diminta untuk tidak dulu beraktivitas dilapangan. “Tetap waspada, apalagi saat ini musim hujan, sehingga kita dapat aman dan selamat dari bencana,”tutupnya.

Sebelumnya, Irfendi Arbi juga mendatangi beberapa lokasi yang ditimpa longsor di kawasan Kenagarian Hulu Aie dan Jorong Mudiak Liki, Kenagarian Kurai, Kecamatan Suliki. Kesempatan itu, pihaknya juga memastikan aktifitas dan akses jalan menuju perkampungan masyarakat yang terkena musibah longsor kembali normal. (*)

Laporan   : Wahyu Uliadi

Editor       : Indra H Piliang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close