KANDISRIAUSIAK

Drs.H. Syamsuar Akui Infrastruktur Jalan dan Listrik di Kandis Maju Pesat

KARIMUNTODAY.COM, KANDIS, SIAK – Sejak dimekarkan dari Kecamatan Induk Minas 17 tahun yang lalu, Kecamatan Kandis kini semakin berkembang sebagai kawasan perlintasan yang berada dilintas utara Riau – Sumatera Utara. Bahkan pembangunan insfrastruktur disebut tidak kalah dengan sejumlah kecamatan lain yang lebih dahulu terbentuk secara administratif di Kabupaten Siak.
“Sejak dimekarkan dari Kecamatan Minas Tanggal 31 Desember Tahun 2002 yang lalu, Kecamatan Kandis kini tidak tertinggal dari kecamatan lain. Alhamdulillah hampir seluruh desa di Kecamatan Kandis diterangi listrik, kecuali 2 dusun Pardomuan Nauli dan Sungai Lepo. Itupun Pak Bupati sudah menyurati PT.Chevron dan SKK Migas terkait penerangan listrik ini” sebut Camat Kandis Irwan Kurniawan.
Hal tersebut disampaikannya dihadapan Bupati Siak H Syamsuar, bersempena kunjungan kerja dan silahturahmi bupati beserta rombongan di Kampung Simpang Belutu Kecamatan Kandis, Rabu pagi (23/1/19). Turut hadir tokoh masyarakat diantaranya mantan Gubernur Riau  H Wan Abu Bakar, dan sejumlah tokoh masyarakat Kecamatan Kandis.
Tak hanya soal kelistrikan saja yang maju pesat, Irwan juga menyebut pembangunan infrastruktur jalan saat ini sudah sangat berkembang dan memiliki daya dukung signifikan bagi perekonomian masyarakat. Untuk percepatan pemerataan pembangunan, pihaknya saat ini tengah membentuk kepanitiaan untuk persiapan pemekaran Kecamatan Kandis Timur dimasa yang akan datang.
“Alhamdulillah, terimakasih kepada pak Bupati, aspal kini bahkan sudah masuk sampai Sungai Gondang.  InsyaAllah sedang kita bentuk panitia persiapan pemekaran kecamatan Kandis Timur,  untuk percepatan pemerataan infrastruktur dan potensi perekonomian masyarakat dikawasan yang berdekatan dengan Kecamatan Sngai Mandau dan 3 kecamatan lainnya di Kabupaten Bengkalis” ungkapnya.
Bupati Syamsuar dalam sambutannya, turut berbangga atas kemajuan pembangunan pembangunan yang dirasakan masyarakat Kecamatan kandis. Dalam kunjungan kerja sekaligus peresmian sejumlah proyek pembangunan di kawasan perbatasan dengan Kabupaten Bengkalis tersebut, Syamsuar juga berpamitan dan memohon doa untuk kelancaran tugas serta amanah baru sebagai Gubernur Riau tidak berapa lama lagi.
“Saya sangat berterimakasih dan berbahagia dengan nasihat orang tua kita tokoh-tokoh paguyuban dan doa, dukungan, dan kekompakan masyarakat Kandis. Hari ini rasanya saya sudah disambut seolah sudah jadi Gubernur” kata Syamsuar.
Ia menyebut tidak mungkin Kabupaten Siak maju berkembang seperti kondisi saat ini tanpa sinergi dan kekompakan yang terpelihara dengan masyarakat. Karena itu ia minta persatuan dan kekompakan antara Pemerintah Daerah bersama masyarakat dapat terus dijaga dan dipertahankan.
“Saat ini saya tinggal menghitung hari dalam jabatan sebagai bupati. InsyaAllah kami akan dilantik menjadi Gubernur Riau Bulan Februari mendatang. Karena itu mohon doa dan dukungan, kami ingin masyarakat Kandis – Muara – Siak terkoneksi infrastruktur jalan agar lebih dekat ke Ibukota Kabupaten. Listrik di 2 dusun ini InsyaAllah akankita tuntaskan.  Rasio elektrifikasi Kabupaten Siak dulu hanya 33 persen, tapi kini Alhamdulillah sudah sampai 98 persen” sebutnya.
Gubernur Riau terpilih ini juga menyebut, membangun daerah diberbagai sektor pembangunan tidak bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan besaran APBD Kabupaten Siak saja. Karenanya untuk memajukan daerah, pemerintah kabupaten senantiasa memerlukan dukungan nyata dari Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Pusat sebagaimana sejumlah proyek yang turut diresmikan dalam kesempatan tersebut.
“Manfaatkanlah berbagai bantuan dan perhatian yang diberikan pemerintah baik pemerintah pusat maupun provinsi ini dengan baik. Saya berharap masyarakat semakin sejahtera dimasa yang akan datang” pungkasnya.
Dalam kesempatan tersebut,  Bupati Syamsuar meresmikan sejumlah proyek pembangunan pemerintah yang dibangun dengan APBD Kabupaten,  provinsi dan pusat serta dana zakat yang dihimpun Baznas Kabupaten Siak dan dana swadaya.
Beberapa proyek yang diresmikan tersebut diantaranya Jembatan KANI Kampung  Kandis, Lapangan Bola Volley Kampung Kandis, Lapangan Bola Volley H. Bahari, Sumur Bor Kampung Sam-sam, Depot Air Minum isi ulang Perdana Water Kampung Adat Sakai Bekalar, Lapangan Bola Volley Gondang Mandiru Kampung Sungai Gondang, Los Pasar dan Lapangan Bola Volley Kampung Adat Sakai Tibo Jaya, Lapangan Futsal, Badminton, Basket dan Village Garden Kampung Belutu, Pembangunan 3RKB SMPN 8 Kandis, Laboratorium IPA SMPN 7 Kandis, Renovasi SDN 16 Bekalar serta bantuan Rumah Layak Huni.(*)
Laporan   : (Fuji Efendi)
Editor       : Indra H Piliang
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: