PAYAKUMBUHSUMBAR

Haru Biru Perayaan Khatam Al quran TPQ Mesjid Mujahadah Kota Payakumbuh

 

KARIMUNTODAY.COM, PAYAKUMBUH — Diiringi grup drumband smpn 2 payakumbuh, pawai ta’ruf perayaan khatam al quran di TPQ Mesjid Mujahadah kelurahan Sawah Padang Aur Kuning Kec. Payakumbuh Selatan berlangsung meriah.

Pawai ta’ruf ini dilepas secara resmi Ketua DPRD Kota Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam bersama pemerintahan kelurahan, pengurus mesjid, tokoh adat dan tokoh agama di halaman mesjid, Ahad (13/01/2019) pagi nan sejuk. Pawai ta’ruf yang diikuti 43 peserta khatam bersama walisantri dan tergabung di dalamnya kelompok Majlis Taklim kelurahan, dengan pengawalan aparat kepolisian berjalan menuju bundaran Labuah Basilang dan akan kembali ke Mesjid Mujahadah.

Dalam laporan singkatnya, pengurus mesjid Faisal menyebutkan bahwa persiapan khatam ini sudah dimulai dengan rapat sejak 6 bulan lalu. Semestinya khatam ini rutin kita gelar 1 kali dalam 2 tahun. Namun tahun 2018 yang mestinya kita gelar, baru dapat dilangsungkan kini di 2019. Berbagai persiapan telah dilaksanakan penuh kebersamaan di Nagari Aur Kuning, penuh semangat kegotongroyongan hingga memasak tadi malam. Dan siang ini perayaannya,”lapor Faisal.

Sementara Yano Desrianto selaku pengurus TPQ Mesjid Mujahadah yang sekaligus guru bagi santri menyebutkan bahwa tahun ini baru ada 43 santri dari sekian banyak santri. Ke 43 santri tersebut bisa di khatamkan, sesuai syarat yang ditetapkan LDS dan peraturan di TPQ. “Insyaallah, ke 43 santri kita ini sudah mandiri. Karena sudah kita seleksi bersama tim dan telah mengikuti pendalaman sebelum khatam,”terang singkat Yano didampingi rekan Guru TPQ.

Melepas pawai, Ketua DPRD YB Dt. Parmato Alam dalam sambutan singkatnya sampaikan selamat kepada peserta khatam dan keluarga besar santri khatam.

“Ananda semua adalah calon pemimpin Kota Payakumbuh yang berasal dari Kenagarian Aur Kuning. Untuk itu, khatam al quran bukanlah sebuah akhir membaca dan mempelajari lebih dalam al quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup umat Islam.

Tapi teruslah gali, sehingga segala tindak, langkah dan perbuatan kita nantinya bisa sejalan dengan petunjuk Allah sebagaimana termaktub dalam al quran. Teruslah dalami al quran,”sambut YB Dt. Parmato Alam sembari melepas pawai.(*)

Laporan   : Wahyu Uliadi

Editor       : Indra H Piliang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close