PAYAKUMBUHSUMBAR

Melalui DPK, Pemko Payakumbuh Intens dengan Arsip Sejarah

 

KARIMUNTODAY.COM, PAYAKUMBUH  — Wakil Walikota, H. Erwin Yunaz, SE, MM didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), Ir. Zulinda Kamal serta Asisten I, Yoherman, SH, S.Sos bertamu pengurus KAN Koto Nan IV di Balai Adat Koto Nan IV, baru – baru ini.

Rencana pemerintah kota melalui DPK akan melakukan digitalisasi arsip yang dimiliki Nagari Koto Nan IV, baik sejarah maupun arsip lainnya. “Kita berfikir program apa yang bisa diberikan untuk nagari, termasuk dalam menjaga dan melestarikan budaya kita.

Salah satunya melalui pengarsipan sejarah nagari. Kita membuat literasi yang berdampak luar biasa, melalui metode arsip digital. Kita mendigitalkan sejarah. Melalui arsip digital, maka usianya akan semakin lama dan panjang, yang bisa diakses oleh anak cucu kita,” ujar Wawako Erwin Yunaz.

“Kita terima kasih atas rencana baik dari Pemko terkait pengarsipan di Kenagarian Koto Nan IV ini, cuma barangkali kami perlu membicarakan dalam musyawarah tersendiri yang lebih lengkap, sehingga keputusan yang diambil nanti, betul-betul disepakati seluruh unsur di Nagari Koto Nan IV iko. Balicak Pinang kami dulu Pak Wawako,” ujar Ka Ampek Suku, Dt.Pangulu Rajo Nan Itam, Pasukuan Kampai.(r)

Laporan    : Wahyu Uliadi

Editor        : indra H Piliang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: