PAYAKUMBUH

Pemko Payakumbuh Lepas Pawai Takruf Khatam Al Quran Tpq Mesjid Arsyad

KARIMUNTODAY.COM, PAYAKUMBUH – Sebanyak 110 Santri dan santriwati ikut khatam Alqur’an yang diselenggarakan di Masjid Arsyad Nankodok Tigo Koto Dibaruah Kota Payakumbuh. Para santri ini berasal dari beberapa tempat pendidikan Qur’an yang ada di kelurahan ini. Perayaan ini merupakan yang ke 24 kali diadakan semenjak Masjid Arsyad berdiri.

Prosesi perayaan Khatam Alqur’an dimulai beberapa hari lalu. Pada Rabu (09/01/2019) merupakan puncak acara perayaan Khatam Alqur’an. Acara puncak diisi dengan pawai taa’aruf peserta Khatam. Satri yang ikut Khatam diarak berjalan kaki diiringi drumband dan kelompok musik tradisional talempong menuju Kantor Kerapatan Adat Nagari Koto Nan Gadang.

YB.Dt Parmato Alam, Ketua DPRD Kota Payakumbuh melepas lansung pawai Taa’ruf tersebut. Sebelum melepas rombongan pawai, ketua DPRD menyampaikan pesan agar anak anak yang khatam sekarang,setelah ini lebih giat lagi dalam mempelajari dan memahami kandungan Alqur’an. Jangan berhenti di sini dengan alasan sudah khatam.

Pawai yang dikawal lansung mobil Patroli lalu lintas Polres Kota Payakumbuh sampai di kantor KAN Koto Nan Gadang di sambut lansung ketua dan pengurus KAN serta Amriyul Dt Karayiang PJ Sekda Kota Payakumbuh.

Anda Roza Putra.Dt Patiah Baringek Ketua KAN Koto Nan Godang kepada rombongan pawai mengatakan bahwa alek khatam Alqur’an yang seperti ini harus kita lestarikan. Selain meningkatkan minat anak anak dalam mempelajari Alquran juga memiliki nilai budaya yang tinggi. Antara adat dan Syara’ sangat nampak paduannya di alek khatam nagari kita ini, Ujar Dt Patiah Baringek.

Para Santri

Sementara itu Amriyul Dt Karayiang berharap setelah ini semangat anak anak yang ikut khatam dan yang belum lebih meningkat. dari mulai tulis baca sampai bisa hafist Alquran. Dan juga mampu nantinya menerapkan dalam kehidupan sehari hari apa yang terkandung dalam Alquran. Jangan jadikan khatam ini tanda telah mampu membaca Alquran tapi jadikanlah dasar untuk lebih mendalami ilmu yang terkandung dalam Alquran tersebut imbuh Dt Karayiang sebelum melepas kempali rombongan pawai taa’ruf kembali ke Masjid Arsyad Nankodok.

 

Laporan : Wahyu Uliadi
Editor     : Indra H Piliang
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close