PAYAKUMBUHSUMBAR

Selama 2 Hari, KPU Kota Payakumbuh Bekali Relawan Demokrasi dengan BIMTEK

KARIMUNTODAY.COM, PAYAKUMBUH — Komisi Pemilihan umum (KPU) Kota Payakumbuh melaksanakan Bimbingan Teknis terhadap 52 Relawan Demokrasi se Kota Payakumbuh.

Bimtek yang digelar selama 2 hari di Aula Lantai II Gedung KPU Kota Payakumbuh ini dipimpin langsung Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal, SP beserta Komisioner Divisi Hukum, Ade Jumiarti, S.IP, Divisi Sosialisasi Neti Payoka, S.Pt, Divisi Teknis Nofal A. Gayur, dan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Nina Trisna, S.HI.

Membuka Bimtek, Sabtu (19/01/2019) Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal berharap Relawan Demokrasi dapat memaksimalkan Pemilu di Kota Payakumbuh dengan menjaga netralitas dan integritasnya serta tidak tersentuh kegiatan – kegiatan dari para Caleg / Parpol di Kota Payakumbuh.

“Relawan demokrasi adalah Mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu di Kota Payakumbuh. Relawan demokrasi itu sendiri memiliki masa kerja selama 3 bulan,” Ketua KPU, mengawali sambutannya.

“Relawan demokrasi adalah agen sosialisasi yang bertugas mensosialisasikan kegiatan KPU, terutama dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih serta kualitas pemilu secara keseluruhan. Kegiatan sosialisasi mencakup kelompok – kelompok yang “terkesan” agak terpinggirkan atau kurang mendapat perhatian dari penyelenggara secara umum,” kata Haidi Mursal.

Dikatakan Haidi Mursal, ada 11 bidang basis pemilih, yaitu 1). Pemilih berbasis keluarga, 2). Pemilih berbasis muda, 3). Pemilih berbasis pemula, 4). Pemilih berbasis perempuan, 5). Pemilih berbasis penyandang disabilitas, 6). Pemilih berbasis berkebutuhan khusus, 7). Pemilih berbasis komunitas, ūüėé. Pemilih berbasis kaum marjinal, 9). Pemilih berbasis keagamaan, 10). Pemilih berbasis demokrasi, dan 11). Pemilih berbasis warga net. Semua pemilih yang perlu mendapatkan sosialisasi tentang Pemilu 2019,” ulas Haidi Mursal

“Dalam menjalankan tugas, para relawan demokraai diharap selalu menjaga integritas dan netralitas,”harap Haidi Mursal

Di hari Perdana, pelaksanaan bimtek dibagi atas 3 sesi penyampaian materi oleh narasumber.

Disesi Pertama / Ice breaking, materi disampaikan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Nina Trisna, S.HI yang memaparkan tentang Orientasi Umum Relawan Demokrasi, secara terperinci.

Sementara di sesi Kedua, materi disampaikan Hary Efendi Iskandar, S.S, M. Art, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Padang yang memaparkan Materi Demokrasi, Pemilu dan Partisipasi Masyarakat.

Sedangkan Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal yang didaulat sebagai pemateri di sesi Ketiga menjelaskan materi tentang Eksistensi Penyelenggara Pemilu dalam Pemilu Serentak 2019.

Pada hari Pertama, Bimtek berlangsung cair, ringan dan serius. Sesekali tampak diintermezo dengan canda tawa.

Berdasarkan informasi dari pihak KPU, Bimtek akan berlangsung hingga Minggu (20/01/2019) dengan narasumber Komisioner KPU Kota Payakumbuh.(*)

Laporan    : Wahyu Uliadi

Editor        : Indra H Piliang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close