PAYAKUMBUHSUMBAR

Pemko Payakumbuh Tuan Rumah Porsadin Sumbar 2019

KARIMUNTODAY.COM, PAYAKUMBUH — Setelah Porsadin sebelumnya Kontingen Payakumbuh meraih Juara Umum di Pekan Olahraga Diniyah Takmiliyah (Porsadin) di Kota Bukittinggi 2 tahun lalu. Di puncak acara di tahun 2017 itu, Ketua DPW Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah, Bulkaini (kala itu) menyebutkan bahwa Pemko Payakumbuh dipercayai sebagai tuan rumah pekan olahraga antar diniyah takmiliyah 2 tahunan setelah melalui mufakat Ketua FKDT dari 19 kota/kab di Sumbar.

Dua tahun itu pun tiba, pada Jumat (01/02/2019) Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh diwakili Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PDPP) Safrizal didampingi Ketua FKDT Eri Burhan adukan masalah iven tersebut kepada Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang siang itu diwakli Kabag Kesra Ul Fakhri.

Berdasarkan informasi dari Kasi PDPP, Pemko Payakumbuh siap menjadi tuan rumah Porsadin dengan azas kebersamaan. “Pemko Payakumbuh siap menjadi tuan rumah Porsadin dan siap mendukung suksesnya ajang keagamaan ini. Dalam pertemuan itu H. Hasnul dipercayai sebagai Ketua Panitia pelaksana Porsadin,”terang singkat Safrizal didampingi Hasnul, Sabtu (02/02/2019) siang.

Mencari informasi lebih lengkap, kami pun mencoba menghubungi Kabag Kesra Pemko Payakumbuh di WA pribadinya. Namun hingga kini belum ada jawaban.

Terpisah, Hasnul Fakhri yang dipercayai sebagai Ketua Panitia saat dihubungi pada Selasa (06/02/2019) malam menyebutkan bahwa rakor kembali berlanjut pada Ahad (04/02/2019) antara Dewan Pengurus Wilayah FKDT Sumbar dengan Kabag Kesra terkait hal yang sama. “Kami kembali mengadakan rakor dengan Kabag Kesra pada Ahad. Kesempatan itu Kabag Kesra mengakui tidak adanya ketersediaan anggaran dari Pemko untuk Porsadin. Tapi kesempatan itu Kabag Kesra berjanji akan memfasilitasi semampunya, mungkin tempat pelaksanaan kegiatan serta akan mencoba untuk berkoordinasi mencarikan langkah guna mengsubsidi penginapan para kontingen.

Memang diakui, di DPA Pemko Payakumbuh sendiri belum terdapat pos untuk kegiatan Porsadin. Termasuk di kita sendiri, di DIPA Kementerian Agama,”terang Hasnul.

“Porsadin akan dilaksanakan tanggal 30 sd 31 Maret 2019 ini, dengan Sekretariat lomba di gedung balai Kota Payakumbuh. Lomba akan dilaksanakan dibeberapa lokasi, yaitu Mesjid Baitussalam Koto Baru, Madani, Mesjid Istiqlal, aula Kankemenag dan Mushalla Baiturrahman Sawah Padang. Kita akan lakukan Koorfinasi dengan unsur terkait, termasuk Ketua KONI. Karena sebagian lomba seperti atletik, badminton dan tenis meja akan dilaksanakan di GOR M. Yamin dan Lapangan Pacu Kuda. Mari kita sukseskan iven provinsi yang dipusatkan di kota kita, Payakumbuh,”imbuh Hasnul.

Hal tersebut dibenarkan Ketua DPW FKDT Sumbar yang baru, Firdaus Gani saat dikomfirmasi media di selulernya, Selasa (05/02/2019) malam. “Kegiatan ini memang belum ada dianggarkan di pemda dananya. Dan kita maklumi. Namun kita sudah bahagia, pemda siap mendukung Porsadin, kalau kami tidak salah ini sudah yang keempat kalinya di Sumbar. Kita juga bahagia Pemko Payakumbuh siap mendukung dengan kebersamaan. Hadir dalam rakor pengurus FKDT provinsi didampingi pengurus FKDT Kota Payakumbuh dan unsur terkait dari Kemenag. Kita pun sadari, bahwa ini adalah kegiatan keagamaan masyarakat yang kita angkat ke permukaan melalui FKDT. Ada 11 cabang lomba setidaknya kita ajangkan,”sebut Firdaus dari Padang.

“Porsadin di tingkat provinsi akan kita gelar di Kota Payakumbuh. Dan DPW FKDT provinsi akan terus berharap agar pemda bisa menggangarkan dana untuk kegiatan keagamaan masyarakat ini. Karena Porsadin ini diperlombakan hingga ke nasional, tentunya butuh dana. Dan selama ini dana itu kita dapat dari infaq dan bantuan tidak mengikat dari pemerhati kegiatan keagamaan,”imbuhnya.

“Hingga detik ini, baru Walikota Solok lah yang sudah menganggarkan dana senilai Rp 140 juta untuk kelancaran Porsadin. Semoga daerah lain menyusul. Insyaallah, tanggal 10 Februari ini kita akan rapat intern FKDT se Sumbar di Kanwil Kemenag Sumbar untuk menyusun program pelaksanaan Porsadin di Payakumbuh hingga ke nasional. Rapat ini akan berlanjut nantinya dengan DPW FKDT Sumbar dengan Walikota / Bupati se Sumatera Barat,”pungkas Firdaus Gani malam itu.(*)

Laporan   : Wahyu Uliadi

Editor       : Indra H Piliang

Loading...
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: