BATAMINDRAGIRI HILIRKEPRIRIAUTEMBILAHAN

Wabup Inhil  Menghadiri Rakornas Bidang Kewaspadaan Nasional Dalam Rangka Pemantapan Penyelenggara Pemilu Serentak Tahun 2019

KARIMUNTODAY.COM,BATAM – Wakil Bupati Inhil, H.Syamsuddin Uti (Uti) bersama Forkopimda menghadiri Rapat Koordinasi Nasional dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019. Kegiatan tersebut bertempat di Hotel Golden View Batam, Rabu (28/02/2019).

Rakor ini di buka oleh Dr. H. Wiranto, S.H. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, yang mengangkat Tema “Pilihan Boleh Beda Persatuan Kesatuan Bangsa Harus Kita Jaga” dan di hadiri 2000 peserta yang terdiri dari Gubernur, Forkopimda Provinsi, Bupati/Walikota, Forkopimda Kabupaten, dan penyelenggara serta pengawas pemilu se-Indonesia Barat Menteri Koordinator Bidang Polhukam, Wiranto, mengingatkan seluruh masyarakat untuk menyambut pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 dengan bergembira, bukan dengan bertikai karena perbedaan pilihan.

“Pesta demokrasi harus gembira karena diberi kesempatan untuk memilih pemimpin,” kata Wiranto, saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019, di Batam, Kepulauan Riau, Kamis. Menurut dia, karena Pemilu adalah pesta rakyat, maka tidak layak diwarnai konflik, memfitnah, mencela, dan saling menjelek-jelekkan.

Dalam pemilu, perbedaan memang harus ada untuk memilih pemimpin terbaik. Kalau tidak ada perbedaan, maka tidak perlu pelaksanaan Pemilu. “Tapi perbedaan tidak boleh mengimbas pada persatuan dan kesatuan negara,” kata dia.

Pemilu merupakan momentum bersama dalam menata masa depan bangsa yang lebih baik. Wiranto mengingatkan, momen Pemilu jangan sampai justru membuat Indonesia mundur. Dalam kesempatan itu, ia memuji panitia yang memilih tema Rakornas, “Pilihan Boleh Beda, Persatuan Kesatuan Bangsa Harus Kita Jaga”, yang menurutnya sangat tepat dengan kondisi bangsa.

Di tempat hang sama, Menteri Dalam Negeri, Tjahtjo Kumolo, mengingatkan agar seluruh pihak membantu KPU demi suksesnya pelaksanan pemilu.

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun, yakin pelaksanaan Pemilu bisa berjalan lancar, karena itikad baik seluruh pihak.

“Pekerjaan besar, bisa terbaik dengan niat kita bersama, agar NKRI bisa terkawal,” kata dia.

Sementara Wakil Bupati , H.Syamsuddin Uti (SU) mengatakan, inti kegiatan ini adalah monitoring dan evaluasi persiapan pelaksaan Pemilu 2019, upaya deteksi dini, antisipasi dini terhadap kemungkinan terjadinya gangguan stabilitas keamanan yang berpotensi mengganggu jalannya pelaksaan Pemilu.

“Dan tujuan lainnya ialah supaya adanya sinergitas antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah serta stakeholder terkait dalam menjalankan tugasnya, sehingga tercipta iklim demokrasi yang kondusif, aman dan damai,” tambahnya.

Sambung SU, sebagai Pemerintah Daerah, akan mengupayakan kesiapan peran Pemda dalam mendukung pelaksanaan Pemilu, kesiapan TNI/Polri serta instasi terkait lainnya dalam mendukung pelaksanaan Pemilu.

Pada acara Rakornas Bidang Kewaspadaan Nasional Dalam Rangka Pemantapan Penyelenggara Pemilu Serentak Tahun 2019, Wakil Bupati Indragiri Hilir,H.Syamsuddin Uti (Uti), juga turut didampingi oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir, Dr H Mariyanto SH MH, Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Adrian Siregar.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tembilahan, Susilo, SH, Ketua Bawaslu Inhil, M. Dong, Kepala Badan Kesatuan Bangsa & Politik Kabupaten Indragiri Hilir, Drs. H. Aslimuddin & Sekretaris Kesbangpol Marlis Syarif, MH. (*)

Laporan : Ridho magribi

Sumber : Humas Inhil

Editor    : Indra H Piliang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close