PAYAKUMBUHSUMBAR

BPK Periksa Aset Roda 2 Pemko Payakumbuh

KARIMUNTODAY.COM, PAYAKUMBUH — Dalam kunjungan tugas pengawasan keuangan negara di Kota Payakumbuh, BPK telah melaksanakan beberapa tugas utamanya. Sebagai bagian dari pelaksanaan pemeriksaan terinci atas laporan keuangan tahun anggaran 2018, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Barat, melaksanakan pemeriksaan fisik atas kendaraan bermotor roda 2 milik Pemko Payakumbuh.

Pemeriksaan fisik kendaraan bermotor roda 2 tersebut, langsung diawasi Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD), Syafwal, yang membawahi pengurusan aset, di halaman belakang Balaikota Payakumbuh, eks Lapangan Poliko, Jum’at (15/3/2019) sore.

Terlihat di lapangan, ternyata, tidak semua kendaraan bermotor roda 2 milik Pemko Payakumbuh yang diperiksa, namun dari daftar yang ada, ada 52 unit, dari berbagai merek, buatan tahun 1989 – 2014 yang tersebar di sejumlah perangkat daerah.

Mengenai hal ini, Syafwal, membenarkan memang tidak semuanya dicek fisik, tapi diacak dari kendaraan roda 2 yang tersebar di masing-masing perangkat daerah.

“BPK tentu punya alasan dan metode untuk mengetahui, apakah aset tersebut masih ada atau tidak. Masih baik atau tidak, yang penting aset tersebut ada dan tidak hilang,” terang Syafwal.

Bagi kendaraan roda 2 yang tak layak pakai dan tidak bisa hidup, untuk pengecekkan ini dibawa dengan menggunakan kendaraan roda 4. “Perangkat daerah yang kendaraannya memang tidak layak pakai lagi, ajukanlah penghapusan aset. Kita akan proses,” tutupnya.(*)

Laporan   : Wahyu Uliadi

Editor       : Indra H Piliang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close