ANAMBASKEPRI

 Gubernur Buka STQH VI Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas 2019

  KARIMUNTODAY.COM, ANAMBAS – Gubernur H Nurdin Basirun berkomitmen untuk terus memberikan dukungan penuh setiap kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan dibidang keagamaan. Terutama terutama yang ditujukan kepada para generasi muda.

“Benteng terkuat adalah Alquran, kokohnya agama merupakan kekuatan besar, maka bagi generasi muda marilah terus menjadi generasi muda yang cinta alquran,“ ujar Nurdin saat membuka perhelatan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) VI Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas di Lapangan di Arena STQ Lapangan Sulaiman Abdullah, Tarempa, Kamis (14/3) malam.

Komitmen yang ditunjukan Nurdin tersebut adalah dengan  tetap berusaha untuk menyempatkan diri untuk berkunjung dalam setiap undangan yang dirinya terima dalam tingkatan apapun dan dimanapun lokasinya di Kepri.

“Kami akan terus mendorong upaya meningkatkan dibidang keagamaan, apalagi MTQ dan STQ dirasa sebagai sarana yang tepat dalam mewujudkan penigkatan dibidang keagamaan tersebut,” lanjutnya.

Kepada para peserta yang akan bertanding, Nurdin mengucapkan selamat mengikuti setiap rangkaian kegiatan dan kepada dewan juri juga agar tetap sportif dan teliti dalam melakukan penilaian.

“Kepada para peserta saya ucapkan selamat bertanding, tampilkan kemampuan yang terbaik, bawa kebanggaan akan alquran didalam diri,” pesan Nurdin.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris mengatakan bahwa perhelatan STQH merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan masyarakat khususnya generasi muda untuk terus didorong agar belajar dan terus belajar alquran.

“Sehingga kedepan lahir generasi muda yang mencintai alquran,” kata Abdul Haris.

Abdul Haris melanjutkan bahwa kedepan saat ini Pemkab Kepulauan Anambas terus membangun kelembagaan pendidikan agama seperti pondok pesantren dan masjid agung yang sedang dalam tahap pembangunan.

“Ini menunjukan begitu tinggi semangat kami dalam membangun kelembagaan pendidikan agama untuk masyarakat Kepulauan Anambas,” lanjutnya.

Adapun STQH berlangsung pada 13-18 Maret 2019 dengan kategori yang diperlombakan antara lain: Tilawatil Quran, Hifzil Quran, Hadis dan Rebana yang diikuti oleh masing-masing dari 7 Kecamatan dengan total peserta sebanyak 53 orang.

Dalam laporannya tersebut, Asisten Pemkab Kepulauan Anambas Chatterina Drew mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk seleksi untuk mengikuti STQH ditingkat Provinsi yang akan diselenggarakan di Kabupaten Bintan.

“Dengan sasaran kegiatan ini adalah untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Anambas yang mencintai Alquran,” ujar Chatterina.

* Tinjau Bazar

Nurdin yang tiba di Bandara Palmatak pada pukul 15.00 wib bersama Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, Sekdaprov Kepri H TS Arif Fadillah bersama sejumlah Kepala OPD dan beberapa Tokoh Masyarakat Kepri disambut kedatangannya oleh Bupati Anambas Abdul Haris tersebut langsung bergerak ke Tarempa untuk kemudian menuju ke Lapangan Sulaiman Abdullah, Disana Nurdin langsung meninjau stand dan bazar STQH.

Sebanyak 12 stand dan bazar telah berdiri dan siap untuk acara puncak malam ini , Nurdin datang untuk meninjau dan melihat kesiapan dari para peserta, satu persatu disinggahi Nurdin untuk melihat berbagai kerajinan, makanan khas dan cinderamata lainnya yang disajikan.

Di beberapa stand juga Nurdin diajak panitia untuk mencicipi makanan yang telah disiapkan dan berfoto bersama, Nurdin pun membeli setiap makanan ringan dan kerajian yang disajikan untuk kemudian diberikan kepada masyarakat yang hadir pada petang itu.

Masyarakat tampak antusias melihat kedatangan Nurdin, bahkan sampai ada yang berebut ketika Nurdin membagikan cinderamata yang dia bagikan.

Menjelang malam, Nurdin kemudian menuju masjid Jami’ Baiturrahim untuk menunaikan shalat maghrib. Dalam tausiyahnya, Nurdin mengajak masyarakat yang hadir untuk terus memperkaya amalan untuk akhirat.

“Jangan habiskan harta yang kita raih hanya untuk kesenangan dunia belaka, berikan harta kita yang berharga itu untuk kepentingan agama sebagai amalan akhirat kelak,” ajak Nurdin.

Salah satunya dalam memakmurkan masjid, menurut Nurdin banyak manfaat yang didapat jika umat terus berupaya memakmurkan masjid.

“Selain dapat pahala, kita dapat rahmat dari Allah untuk daerah kita juga kita dapat generasi muda penerus pembangunan agama dimasa depan,” singkatnya. (*/r)

Laporan    : Ambok Akok/ald

Editor        : Indra H Piliang

Sumber     : Humas Pemprov

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: