RIAUSIAK

Mendikbud Batal Hadir Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan Disdikbud Siak Tahun 2019 Berlangsung Meriah

KARIMUNTODAY.COM, SIAK– Sekretaris Jenderal Kementrian dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI Didik Suhardi, di dampingi Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Plt Bupati Siak Alfedri hadir memeriahkan Gebyar pendidikan dan Kebudayaan Disdikbud kab Siak tahun 2019. Meskipun Mentri Pendidikan dan Kebudayaan yang di wakil Sekretaris Jenderal Kementrian dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI Didik Suhardi mewakili hadir di Siak. Namun tetap berlangsung meriah, acara yang di pusatkan di depan Istana Siak itu, di hadiri ribuan siswa sekolah tingkat SD, SMP, SMA sederajat se Kabupaten Siak.

Plt Bupati Siak Alfedri usai acara saat ditemui mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan para peserta bisa mengenal aspek sejarah dan budaya yang ada di Kabupaten Siak, dengan mengendarai sepeda. “Dengan mengendarai sepeda para peserta dapat mengunjungi objek sejarah yang ada di kabupaten siak dan mengenal sejarah, bisa memahami, dan memaknainya dengan baik,” kata Alfedri usai acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan Disdikbud kab Siak tahun 2019, di depan Istana Siak, Ahad (10/3/2019).

Sementara itu salah seorang peserta Dewi Arlina mewakili dari SMA 1 Tualang, tampak tak sabaran untuk mengayuh sepedanya. Ia mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat, karena bisa mengenal situs sejarah Siak sekaligus bersepeda bisa menyehatkan badan.

Sekretaris Jenderal Kementrian dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI Didik Suhardi, di dampingi Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Plt Bupati Siak Alfedri melepas acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan Disdikbud kab Siak tahun 2019, di depan Istana Siak, Ahad (10/3/2019).

“Ya.. Saya senang dengan kegiatan ini, selain bermanfaat bagi kesehatan juga bisa menambah wawasan tentang sejarah dan budaya yang ada di kabupaten Siak, dan juga dapat berkenalan dengan sahabat baru yang datang dari kecamatan lain,”ungkapnya.

Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan serta mengingat kembali nilai-nilai peninggalan sejarah yang berada di kabupaten Siak. Yang di tandai dengan berdiri megahnya sebuah Istana Siak menjadi saksi adanya kerajaan serta pemerintahan pra kemerdekaan. Jelajah sejarah bersepeda 2019 mengambil start di jalan Sultan Syarif Kasim menuju ke jalan Raja Kecik terus ke arah pos 1 Taman Tengku Agung dan balik kearah jalan Hang Tuah SMA 1 Siak terus menuju ke jalan Indragiri Turap menuju pos 2 di Balai Kerapatan Tinggi dan finish di pos 3 di Taman Makam Koto Tinggi.

Sekretaris Jenderal Kementrian dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI Didik Suhardi, di dampingi Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Plt Bupati Siak Alfedri.

Pos 1 di taman Tengku Agung, dan peserta diwajibkan menjawab soal-soal terkait sejarah Siak, dan pos ke 2 yaitu di Balai Kerapatan Tinggi peserta mencocokkan dan menghubungkan soal dengan tempat situs sejarah, selanjutnya pada pos ke 3 Taman Makam Koto Tinggi masing-masing peserta meneriakan yel-yel. 1 tim terdiri dari 5 orang dan masing-masing sekolah se kabupaten Siak mengirim utusannya dengan jumlah keseluruhan sebanyak 215 orang.

Usai melepas Jelajah sejarah bersepeda rombongan Kemenddikbud, Wagubri dan Plt Bupati Siak melihat dan memberi semangat penampilan anak-anak Paud, kemudian singgah di stand bazar dan menuju ke lokasi acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan.(*/r)

Laporan   : Idris Harahap

Editor       : Indra H Piliang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close