PAYAKUMBUHSUMBAR

Walikota Payakumbuh Kukuhkan Pengurus KAN Limbukan

KARIMUNTODAY.COM, PAYAKUMBUH — Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi, meminta Pengurus KAN (Kerapatan Adat Nagari) Limbukan yang baru dilantiknya untuk berbicara dengan nagari tetangga menyangkut batas wilayah antara Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota, khususnya wilayah Kanagarian Limbukan dengan nagari-nagari di sebelahnya. 

“Dudukkan dulu di level nagari. Walaupun beda kota dan kabupaten, jalani saja dulu. Kalau lai pulo namuah nan di sabalah tuh a. Sebab, ketidakpastian batas wilayah akan menghambat pembangunan di sepanjang perbatasan wilayah tersebut,” kata Riza, saat melantik Pengurus KAN Limbukan, di Nagari Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, Kamis (14/3/2019).

Ditambahkannya, setiap batas nagari tentu ada barih balabehnyo. Kalau soal barih balabeh, tentu niniak mamak yang tahu. “Menurut sepengetahuan saya, ketika Payakumbuh akan didirikan beberapa puluh tahun lalu, batas nagari itulah yang dijadikan batas kota sekarang. Tapi akibat tidak cermat dalam menetapkan titik-titik batas dalam kesepakatan yang ditandatangani oleh pimpinan daerah sebelumnya, menjadi heboh belakangan ini.

Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Y.B Dt. Parmato Alam, menyangkut persoalan batas ini mengajak semua pihak untuk duduk bersama, duduk semeja, kembalikan lagi kepada barih balabeh yang ada.

“Kalau sudah memiliki pemahaman yang sama, tidak ada kusut yang tidak selesai, tidak ada keruh yang tidak akan jernih,” ungkapnya.

Persoalan batas wilayah Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota ini kembali menghangat setelah gerbang kota yang terletak di Nagari Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, runtuh. Ketika akan didirikan kembali, terjadi masalah batas wilayah di tempat tersebut.

Pengurus KAN Limbukan Periode 2018 – 2023 yang dilantik Wali Kota siang itu diketuai oleh Yusfa Putera Budhi Dt. Paduko Tuan, Sekretaris, P.B Dt. Mogek Bosa nan Hitam, dan Bendahara Ananda Putera Dt. Mangkuto Bosa.

Kepengurusan juga dibantu 6 bidang. Di saat sama juga dilantik Pengurus Bundo Kanduang, Kanagarian Limbukan, diketuai oleh Yenny Gazali, Sekretaris, Mela Megawati, dan Bendahara, Siti Iffa, S.S.(*/r)

Laporan   : Wahyu Uliadi

Editor      : Indra H Piliang

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close