PAYAKUMBUHSUMBAR

Walikota Payakumbuh Tabuh Bulan Bhakti Dasawisma 2019

KARIMUNTODAY.COM, PAYAKUMBUH — Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas DP3A&P2KB menggelar Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma yang digelar di lapangan Muda’s top Kelurahan Koto Panjang Dalam Kecamatan Lampasi Tigo Nagari, Selasa, (26/3/2019). Pencanangan Bulan Bhakti ini dicanangkan langsung oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang ditandai dengan pemukulan gong sebagai tanda diresmikannya acara Pencanangan ini, tampak hadir juga Kepala Dinas DP3A&P2KB, Syahnadel Khairi, Plt Kepala Dinas kesehatan Kota Payakumbuh, Desmon Korina, Kepala Dinas Lingkungan hidup Dafrul Pasi, Kepala Dinas Kominfo Jhon Kennedy, Ketua TP PKK Kota Payakumbuh Hj Henny Riza Falepi, Wakil Ketua TP-PKK, Hj Machdalena, Camat se Kota Payakumbuh, dan tamu undangan lainnya.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dalam sambutannya menyampaikan melalui kegiatan bulan bhakti dasawisma ini, kedepannya terus dapat mengembangkan peran PKK dalam kesimbangan keluarga, “Dengan memberikan lebih banyak lagi penyuluhan dan sosialisasi mengenai stunting dan cara meminimalisir sampah plastik. Karena Stunting (gizi buruk) penyebab utama karena ketidaktahuan para ibu-ibu hamil dan yang memiliki anak balita akan penyebab stunting. Hal ini bukan semata-mata hanya karena masalah ekonomi,” katanya.

Walikota Riza berharap kegiatan ini tidak hanya sekedar ceremonial dan sebatas pencanangan saja melainkan ada tindak lanjut kedepannya. Dan ia meyakini, Ketua TP-PKK mampu menggerakkan seluruh dasawisma yang ada.

Ketua tim penggerak PKK Kota Payakumbuh Hj. Henny Riza Falepi dalam kata sambutannya mengungkap rasa terima kasihnya atas binaan dan dukungan Walikota serta kerjasama semua pihak/OPD terkait hingga acara pencanangan bulan bakti ini bisa berlangsung dengan sukses.

“Dengan adanya pencanangan bulan bhakti Dasawisma ini, kelompok Dasawisma sebagai ujung tombak PKK harus membumi dan terus meningkatkan perananya dalam peningkatan kualitas dan kesejahteraan keluarga khususnya dan masyarakat pada umumnya,” ujar Ketua TP-PKK.

Ia juga berharap dasawisma yang sudah vakum atau mati suri untuk kembali bangkit dalam mengembangkan perannya sebagai ujung tombak terlaksana dan suksesnya program – program PKK. Dikatkannya Pencegahan stunting dapat dilakukan dengan langkah utamanya bagi ibu-ibu hamil dan memiliki anak balita agar dapat mengontrol gizi bagi anaknya.

Selanjutnya Membawa tempat minum setiap hari minimal kita dapat mengurangi sampah plastik atau gelas plastik yang umumnya kita sudah terbiasa gunakan setiap hari. “Kesadaran mengenai stunting dan sampah plastik ini diharapkan menjadi kesadaran kita bersama. Diharapkan kepada masyarakat dan OPD terkait untuk dapat memfokuskan kedua masalah pokok ini. Jangan sampai ada lagi di Payakumbuh terdata anak yang terkena stunting dan banyaknya sampah plastik di Payakumbuh,” harap Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh.

Selanjutnya diadakan penandatanganan MoU dengan Dinas-dinas terkait guna meningkatkan berbagai kegiatan dan sosialisasi terkait kegiatan stunting dan pengolahan sampah plastik serta kesejahteraan kader–kader PKK yang bekerja seperti Jemantik, Posyandu maupun yang lainnya.

Pada kesempatan itu juga, Walikota bersama Ketua TP PKK, GOW, DW menyerahkan secara simbolis peralatan gotong royong beserta bantuan berbagai macam bibit sayuran kepada masing-masing ketua dasawisma Kelurahan se Kota Payakumbuh.

Acara Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma Tahun 2019 ini juga bertepatan dengan hari ulang tahun Ibu Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Ny. Hj.Henny Riza Falepi yang juga dimeriahkan dengan berbagai lomba-lomba yaitu Lomba yel-yel, Lomba makanan olahan Serta Lomba cerdas cermat oleh PKK se Kota Payakumbuh yang memperebutkan berbagai macam hadiah. (*r)

Laporan   : Wahyu Uliadi

Editor       : Indra H Piliang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close