PADANGSUMBAR

Gubernur Sumbar,Irwan Prayitno Titipkan Harapan Kepada POGI

KARIMUNTODAY.COM, PADANG — Dalam mewujudkan bentuk perhatian pemerintah terhadap program kesehatan ibu dan anak di Sumatera Barat (Sumbar), Saya hadir dalam Pelantikan Pengurus Persatuan Dokter Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Cabang Sumatera Barat (Sumbar) periode 2018-2021, Hotel Pangeran Beach Padang, Sabtu (20/4/2019).

 

Di dalam sambutan saya menyampaikan menitipkan harapan pemerintah Sumbar pada pengurus POGI yang baru untuk bisa menjalankan tugasnya dengan amanah, khususnya meningkatkan kesehatan masyarakat Sumbar dalam dalam menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB).

“Kita berharap dengan target pemerintah dapat terus menurunkan AKI/AKB, salah satunya dapat dicapai melalui kerja sama lintas sektor dengan berbagai bidang kesehatan,” “Untuk itu kehadiran POGI sangatlah penting bagi pemerintah pusat maupun daerah untuk tingkatkan kesehatan masyarakat dengan harapan kematian ibu hamil atau melahirkan serta kematian bayi dapat berkurang,”

Peran dokter kebidanan dan penyakit kandungan merupakan satu profesi pelayanan kesehatan. Kehadiran dan peran aktifnya sangat diperlukan terutama peranannya dalam menurunkan AKI dan AKB. Perlu kerja sama yang sinergis antara Puskesmas, Posyandu, Dokter Spesialis Anak serta Dokter Ahli Kebidanan dan Penyakit Kandungan. Semuanya diharapkan dapat berperan aktif dalam mendukung program pemerintah tersebut melalui pelayanan kesehatan yang betul-betul profesional.

Saya menginggatkan Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Dr. Merry Yuliesday, MARS yang juga hadir untuk dapat menganggarkan program AKI dan AKB dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) kedepan.

“Sesuai dengan misi kami dalam pada RPJMN 2016-2021 yang ke tiga yaitu meningkatkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, beriman, berkarakter dan berkualitas tinggi, yang selalu tiap tahunnya kami anggarkan dalam APBD Sumbar,”.

“Untuk itu sekali lagi kita ingatkan Dinas Kesehatan Sumbar dapat bersinergi bersama POGI dalam Pembangunan kesehatan di Sumbar,”.(*/r)

Laporan  : Wahyu Uliadi

Editor      : Indra H Piliang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close