PARIAMAN

H. Hendri : Penting Perkuat Silaturrahmi antar Kemenang dan Pemerintahan Daerah Agar Terbangun Sinergisitas yang Baik

KARIMUNTODAY.COM, PARIAMAN – Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H.Hendri hadiri acara tamu ramah dengan Walikota Pariaman, Selasa (09/04) di rumah dinas Walikota Pariaman dalam rangka rangkaian Rapat koordinasi di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat selama 2 hari (9-10/4).

Hadiri Walikota Pariaman, Ketua PKK, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat beserta Istri, Kabbag TU beserta Istri, Kabid beserta istri, Kakankemenag se-Sumatera Barat beserta Istri, Bimas Hindu, Bimas Budha, Kasubbag Inmas, Kasubbag Cenkeu, Kabag Kesra, Kabag Umum Kota Pariaman, Kasubag TU, Kasi di lingkungan Kemenag Kota Pariaman, Kepala Madrasah se-Kota Pariaman, Kepala KUA se-Kota Pariaman.

H.Hendri dalam sepatah katanya mengungkapkan, bahwa “silaturrahmi antar kemenang dan pemerintahan daerah perlu dijalin dengan baik sehingga bisa saling bersinegi dalam membangun ranah minang dan memperkokoh Adat Basandi Syarak, Syarak Bersandi Kitabullah (ABS, SBK) yang menjadi ciri khas kita di Minangkabau ini” tutur H. Hendri, “program seperti yang dilaksanakan Kemenag dan Walikota Pariaman ini patut dicontoh oleh Kemenag di Kab/Kota di Sumatera Barat” tambah H. Hendri.

Disisi lain Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman H. Muhammad Nur mengatakan, silaturahmi ini sangat baik dijalin antar sesama pegawai kemenag di lingkungan Sumatera Barat demi terciptanya rasa kesatuan dan persatuan.

Muhammad Nur menyebutkan, Kemenag Pariaman sangat mendukung visi misi Walikota dan Wakil Walikota Pariaman yang tertuang pada program unggulan yaitu satu desa satu penyuluh agama, artinya bisa dilihat bahwa Pemko Pariaman sangat serius terhadap Pembangunan di bidang agama.

Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Hendri mengucapkan terima kasih kepada Walikota Pariaman telah memberi asuransi pengurus dan anggota majelis taklim, memberi honor bulanan imam khatib labai pegawai serta ubiah setiap desa se Pariaman.

Kemudian juga memberi honor guru MDTA. MTDW dan MDTU, Program Magrib Mengaji, Program Manunggal Subuh Indah Penuh Berkah “MASIHPUBER”, Program Tahfiz Terintegrasi di Sekolah, Read Quran Centre di Masjid Terapung Kota Pariaman, Mengangkat satu desa satu penyuluh Agama semua dibiaya oleh APBD Kota Pariaman.

Jadi dengan program keagaman yang direncanakan oleh Pemko Pariaman dibawah kepemimpinan Genius Umar
Kemenag Sumbar memberikan penghargaan berupa piagam atas kepedulian Walikota Pariaman untuk menghidupkan kegiatan keagaman.

” Kepada Kakan Kamenag se Propinsi Sumatera Barat saya minta agar bisa bekerja sama dengan Bupati/Walikota untuk menghasilkan ide-ide baru dalam meningkatkan kualitas kehidupan beragama di tengah masyarakat,”ujarnya.

Walikota Pariaman Genius Umar menyampaikan Pemko Pariaman sangat serius untuk Pembangunan di bidang agama. Adapun kebijakan tentang pembangunan di bidang keagaamaan seperti, Program Magrib Mengaji, MASIH PUBER (Manunggal Subuh Indah Penuh Berkah), Satu Desa Satu Penyuluh Agama, Melanjutkan Pembangunan Masjid Terapung, Pembangunan Pusat Studi Alquran, serta Pengembangan pendidikan agama non formal MDA, MDW dan MDU.”

“Pemko Pariaman juga membuat Perda tentang LGBT, hal tersebut wujud serius dari Pemko Pariaman memberantas penyakit masyarakat yang mengganggu ketentraman dan ketertiban ditengah-tengah masyarakat dan diharapkan kepada para mubaligh dan masyarakat untuk dukungan terbentuknya Perda tentang LGBT tersebut.” pungkasnya

Genius Umar melanjutkan, dengan adanya nanti satu desa satu penyuluh agama kita dapat mengawasi kehidupan anak-anak serta membina remaja masjid dan musholla untuk aktif sehingga para remaja dan anak-anak kita bisa menjadikan masjid atau musholla tempat pusat studi Al-Qur’an, serta membuat kegiatan diskusi keagamaan yang bersifat positif.”

“Dan tidak hanya itu saja ,Pemko dan Kemenag Kota Pariaman juga berencana akan membuat Adiwiyata Masjid, untuk itu diharapkan pengurus masjid dapat menjaga kebersihan di lingkungan masjid/musholla dengan maksimal sehingga masyarakat yang datang di masjid atau Musholla dapat merasakan kenyamanan beribadah dan kebersihan di lingkungan masjid/musholla” tutup Genius.

Diakhir sambutan Walikota Pariaman, H. Hendri didampingi H. Irwan Kabbag TU Kanwil Sumbar dalam penyerahan piagam penghargaaan dari Kemenag Sumbar untuk Walikota Pariaman yang telah proaktif dalam kehidupan beragama masyarakat Kota Pariaman.

 

Laporan : Wahyu Uliadi
Editor    : Indra H Piliang
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: