PAYAKUMBUHSUMBAR

Hari Perdana UNBK di Kota Payakumbuh Berlangsung Lancar

KARIMUNTODAY.COM, PAYAKUMBUH  — Sebanyak 3,334 siswa kelas IX SMP dan MTS di Kota Payakumbuh mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UN BK). Siswa SMP sebanyak 2,646 orang dari 17 SMP dan selebihnya 688 orang siswa dari 6 madrasah. UN BK memakai dengan 318 Pengawas Silang.

“Dari 6 madrasah tsnawiyah di jajaran Kankemenag Kota Payakumbuh, hanya MTSS Syech Ibrahim Harun (SIH) dibawah pimpinan Dasrul Fauzi, yang menggelar UN BK secara mandiri, selain itu kita akui masih numpang. MTsN 1 Payakumbuh menumpang ke MAN 2 Payakumbuh bersama MTsS Pakan Sinayan. Sedangkan MTsN 2 Payakumbuh melaksanakan UNBK di SMK Kasgoro 2,” terang Kepala Kankemenag melalui Kasi Pendidikan Madrasah, Sri Yusnita saat dihubungi di ruang kerjanya, Senin (22/04/2019) siang.

Dirinya berharap, semoga tahun ajaran 2019/2020 seluruh madrasah bisa ujian nasional berbasis komputer, secara mandiri. “Alhamdulullah, UNBK hari perdana tingkat SMP / MTS berjalan lancar, meski cuaca agak sedikit hujan. Segala usaha dan upaya akan kita kerahkan bersama, sehingga UN BK bisa dilaksanakan mandiri, kedepannya,”tandas Sri Yusnita.

Dari pantau di SMK Kosgoro, dimana 258 siswa Kelas IX MTSN 2 Payakumbuh melaksanakan UNBK mapel Bahasa Indonesia. UN BK yang akan digelar selama 4 hari dikawal Personil Polsekta Payakumbuh serta menerapkan sistem pengawas silang.

“Hari ini adalah hari pertama UN BK bagi anak anak kita dengan mapel bahasa Indonesia. Akan berlanjut di hari berikutnya mapel yang di UN – kan. Sebanyak 258 siswa MTsN 2 Payakumbuh ditampung dalam 4 labor dengan 3 shift. Labor I diisi 24 siswa, labor II juga 24 siswa, labor III diisi 20 siswa dan labor IV sebanyak 18. UNBK dikawal langsung Anggota Polsekta Payakumbuh,”sebut Kepala MTSN 2 Payakumbuh Yenni Fitri didampingi Kaur TU, Murda Ayudi dan beberapa orang Waka.

“Pengawas UNBK berasal dari Pengawal silang, yakni guru dari SMPN 1 Payakumbuh. Semoga anak didik kita dapat menjalani UNBK secara maksimal sebagaimana arahan yang kita berikan pada hari Sabtu, kemaren. Sehingga sukses UN dapat kita raih,”pungkas Yenni Fitri kala itu.

Sementara Kasi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Sospidarmi, yang tergabung dalam Tim II yang dikoordinir Wakil Walikota, Erwin Yunaz saat di komfirmasi terkait pelaksanaan UNBK di SMK Kosgoro menerangkan bahwa UNBK untuk siswa MTSN 2 Payakumbuh berlangsung lancar dan tertib.

“UNBK yang dijalani siswa kelas IX MTSN 2 Payakumbuh di SMK Kosgoro berlangsung aman. Dan kondisi inilah harapan kita hingga hari terakhir pelaksanaan UNBK. Aamiin. Terkait UNBK yang masih numpang, di jajaran Diknas masih ada 2 SMP, yakni SMPN 10 dan SMP Muhammadiyah,”singkat Sospidarmi.(*)

Laporan   : Wahyu Uliadi

Editor       : Indra H Piliang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close