RIAUSIAK

KPU Siak Akan Segera Perbaiki Kesalahan Input Data Untuk TPS 012 Kelurahan Minas Jaya

KARIMUNTODAY.COM, SIAK – Tidak hanya terjadi di TPS 001 Kelurahan Sungai Apit, Siak. kesalahan input data perolehan suara pemilihan presiden yang tidak sama antara jumlah dalam Salinan C1 dengan perolehan suara yang tertera di situs kpu.go.id. juga terjadi pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) 012 Kelurahan Minas Jaya, kecamatan Minas, Siak. Hal ini pun ramai diperbincangkan oleh warga Net disosmed tentang kekeliruan KPU dalam menginput data di TPS 012 Minas Jaya itu.

Adanya temuan salah input jumlah suara pada calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, khususnya di TPS 012 Kelurahan Minas Jaya ini, diduga KPU Siak telah salah memasukan data akibat dari human error dalam pelaksanaannya. Temuan salah Input data di website KPU.co.id ini pun di informasikan oleh akun facebook bernama Ibot kepada Karimuntoday.com, melalui komentar facebook di postingan setatus fb wartawan Karimuntoday.com, dia menginformasikan, ” Tps 12 minas jaya coba cek bg…tidak sesuai scan c1 sama input KPU kasih tau sama kpu nya, Idris Harahap cek langsung di web kpu bg..scan c1 dan input di kpu gak sesuai bg ” Tulisnya kepada wartawan sembari melampirkan poto salinan C1 TPS 012 itu di kolom komentarnya.

Terkait hal ini Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Siak mengakui adanya kesalahan data perolehan suara pemilihan presiden yang tidak sama, yakni jumlah suara paslon presiden nomor urut 02 dalam salinan data C1 dengan perolehan suara yang tertera di situs kpu.go.id. pada TPS 012, Kelurahan Minas Jaya, kecamatan Minas, Siak. Dimana dalam salinan data C1 tertera jumlah suara Jokowi- Amin sejumlah 17 Suara, sementara suara untuk Prabowo-Sandi tertera sebanyak 243 Suara, berbeda pula dengan yang tertera di situs kpu.go.id, dalam Laman web itu tertera jumlah suara Jokowi-Amin tetap sebanyak 17 Suara, sementara jumlah suara paslon presiden Prabowo-Sandi malah berkurang sebanyak sepuluh suara menjadi hanya 234 Suara.

“Hal itu sudah kita laporkan tadi ke-pusat, itu datanya hanya angkanya yang kebalik itu, dan sudah kita laporkan sesuai dengan apa namanya, akan kita perbaiki, kita tunggu aja, soalnya jaringan masih ada gangguan, yang jelas akan di perbaiki segera,” Ujar Agus Haryanto Selaku divisi teknis di KPU kabupaten Siak, saat di hubungi oleh Wartawan melalui sambungan telepon miliknya, Senin (22/04/19) Malam.

Lanjut dia, “Sebelum nya kita juga sudah dapat laporan dari PPK Minas, begitu laporan itu saya terima langsung saya kontek dan kita kerahkan ke-oprator kita untuk di perbaiki, mudah-mudahan segera ada hasilnya itu pak,” Pungkas-nya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close