BATAMKEPRIKUANSINGRIAU

Puluhan Wartawan Kuansing cetak dan Online Ikuti Pelatihan Jurnalistik di Kota Batam

 KARIMUNTODAY.COM, BATAM – Dalam rangka peningkatan Ilmu jurnalistik Untuk wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau yang dilaksanakan di Hotel Golden View Bengkong Laut Batam Provinsi Kepulauan Riau selama dua hari di ikuti oleh wartawan mulai dari media cetak dan online dengan narasumber dari Persatuan Wartawan Indonesia,( PWI ) Pusat.

Acara tersebut lansung dibuka oleh, Bupati Kuantan Singingi, H.Mursini, Jum’at (5/4/2019), Ia mengatakan, Kegiatan Desiminasi Program Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Riau dalam rangka pelatihan Jurnalistik bagi Wartawan dan Staf Humas Protokoler Setda Kabupaten Kuantan Singingi,. Kegiatan Ini di fasilitasi oleh bagian Humas protokoler kabupaten Kuansing,yang diikuti oleh 20 orang Wartawan online dan cetak yang bertugas di Kabupaten Kuantan Singingi dan staf Humas Setda Kuansing, akan berlangsung selama dua hari (5 – 6 April – 2019).

 “ Pelatihan jurnalistik bukanlah hal baru, terutama komunikasi dengan wartawan merupakan kegiatan rutin yang selalu dilakukan oleh Humas. Namun harus pula dipahami, ilmu jurnalistik adalah ilmu yang sangat dinamis yang terus mengalami perkembangan dari masa ke masa,” Imbuhnya

Kemudian beliau mengingatkan, Pers itu berperan mencerdaskan anak bangsa , dengan kecerdasan akan menghasilkan prestasi , kecerdasan itu tidak datang dengan sendiri, namun perlu dengan pembelajaran dan membaca , maka dari itu saya berharap dengan pelatihan ini bisa hendaknya memberikan kecerdasan kepada generasi bangsa , sebab tulisan saudara akan dibaca oleh masyarakat.

Mursini juga berharap pelatihan ini bisa lebih meningkatkan kreatifitas daya nalar jurnalis , serta motivasi membaca yang tinggi, sehingga semua informasi selalu benar sesuai dengan fakta.

 Terakhir, Kepada Para peserta ikutilah kegiatan ini dengan baik dan benar, jangan sampai saudara – saudar jauh – jauh datang ke Kota Batam tidak mendapatkan ilmu yang diharapkan,” tutupnya

Sementara Kabag Humas protokoler Pemkab Kuansing Ridwan Amir Selaku Ketua Panitia Dan di dampingi Kasubag Humas Informasi, Keswita, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pelatihan ini sangat penting bagi para pejabat terutama Staf kehumasan untuk senantiasa mengupdate pengetahuannya tentang ilmu jurnalistik. Untuk itu maka pelatihan jurnalistik seperti ini penting untuk kita agendakan setiap tahun. Sedangkan, Ridwan Amir berharap dengan diselenggarakannya pelatihan ini akan semakin mempertajam seluruh aparatur kehumasan dalam menilai dan menentukan cara-cara terbaik dalam mengolah suatu informasi. “Bahkan bukan tidak mungkin pejabat humas bisa pula berperan sebagai pegiat Jurnalisme Warga atau Citizen Journalism. Dengan demikian, selain mampu berkomunikasi dengan wartawan, pejabat humas juga bisa memberikan informasi langsung kepada masyarakat tentang program pemerintah melalui media sosial maupum media mainstream lainnya,” tambah Ridwan.

Ditambahkan Kabag Humas Protokoler lagi, berdasarkan pertimbangan itulah, maka Pemerintah Kuansing sangat mendukung program-program pelatihan sebagai sebuah proses peningkatan kapasitas humas secara berkelanjutan.

“ Dari harapan yang saya sampaikan tadi, bisa kita pahami bahwa jurnalistik adalah ilmu pengetahuan yang dibutuhkan publik. Ilmu ini sama pentingnya dengan ilmu komunikasi dan ilmu manajemen. Apapun profesi kita, pasti membutuhkan teknik manajemen yang baik, apalagi sebagai narasumber pihak yang berkompeten dibidangnya yakni, Bapak Nurjaman Mochtar Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat dan Suprabto Wasekjen PWI Pusat,” Imbuhnya (*)

Laporan   : Roder

Editor       : Indra H Piliang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close