MINASRIAUSIAK

Upika Minas Kerahkan Pihak Puskesmas Untuk Periksa Kesehatan Peserta Rapat Pleno

KARIMUNTODAY.COM, SIAK– Puskesmas di Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Provinsi Riau dikerahkan oleh jajaran Upika kecamatan Minas untuk membantu memeriksa kesehatan peserta rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara pemilu serentak 2019 yang saat ini sedang berlangsung di Aula kecamatan Minas.

“Hal ini merupakan kerjasama kita berdasarkan usulan dari jajaran Upika baik itu kapolsek maupun danramil Minas, termasuk tim medis jugak, mengingat sangat extra-nya kerja dari kawan-kawan kita PPK maupun PPS tentu perlulah kita cek dan kita kasih supplement untuk mengantisipasi kejadian yang telah terjadi di wilayah lain yang dikabarkan bahkan ada yang meninggal dunia, oleh karna itu kita antisipasi Mudah-mudahan kawan-kawan kita penyelenggara pemilu khususnya di minas ini sehat selalu, diberi kekuatan dan lancar sampai selesai nantinya,” Kata Camat Minas Hendra Adi Nugraha SSTP Msi kepada Karimuntoday.com, Selasa (23/04/19) pagi tadi.

Kebijakan ini kata camat hendra, dibuat untuk menyikapi banyaknya petugas penyelenggara pemilu dan petugas keamanan yang sakit, bahkan meninggal dunia di sejumlah daerah, yang diduga akibat kelelahan saat menjalankan tugas. Kejadian itu, katanya, diharapkan tidak sampai terjadi di kecamatan Minas, sehingga harus dicegah sejak dini.

“Dari hasil yang kita pantau memang nampaknya tensi sudah mulai naik, ada sebagian yang tinggi dan sebagian betul-betul rendah, memang kita akui sebenarnya mereka sudah butuh istirahat, tapi kan kewajiban mereka untuk menyelesaikan tak dapat di abaikan, Hanya saja untuk supplement maupun terkait pola makannya nanti akan di arahkan oleh pihak puskesmas agar ke depan tidak ada terjadi masalah kesehatan terhadap penyelengara kita baik itu PPS maupun PPK dalam menyelesaikan rekapitulasi perhitungan suara di Minas ini,” Ujarnya.

Dr Hj Hidayati Jasri, Kepala puskesmas kecamatan Minas tampak turun langsung membuka layanan pemeriksaan kesehatan gratis di lokasi rapat pleno terbuka di Kecamatan Minas, langkah itu pun terlihat disambut antusias peserta rapat pleno yang sudah tiga hari ini bergelut dengan data dan angka penghitungan perolehan suara pemilu legislatif dan pemilihan presiden, terlihat satu per satu peserta rapat pleno memeriksakan kesehatan mereka, mulai dari anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS), pegawai kecamatan, saksi partai politik maupun saksi calon presiden dan wakil presiden, hingga anggota polisi dan TNI yang berjaga mengamankan jalannya rapat pleno tersebut.

“Mereka ini kan sebagai panitia pemilu 2019, jadi kita lakukan pengecekan terhadap tensinya, fisiknya. Karena mereka inikan dari pagi sampai malam bekerja secara penuh, oleh karenanya kita cek untuk staminanya, jadi kita perlu berikan vitamin, obat lambung dan hiper tenis, sebab pada umumnya hal-hal seperti itu yang sering terjadi pada mereka yang fisiknya lemah. Insya Allah untuk di kecamatan Minas hingga saat ini belum ada kita jumpai di puskesmas mapun rumah sakit kasus-kasus yang sampai mengakibatkan sakit dikarenakan tugas mereka sebagi penyelenggara pemilu,” Ujar Dr Hidayati Jasri.

Dia juga menerangkan, “Jadi dalam hal ini kita bekerjasama dengan pihak kecamatan Minas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, sebagaimana kita lihat di media pemberitaan banyak petugas KPPS maupun PPS yang jatuh sakit bahkan ada yang sampai meninggal dunia, semoga kita di kecamatan Minas ini ataupun kabupaten Siak, tidak ada ditemui hal-hal sedemikian rupa, sehingga tidak ada korban jiwa untuk masalah pemilu ini khususnya di kecamatan Minas.” Kata Kapus Minas itu. Lanjutnya,

“Dan kami mengharapkan seluruh kecamatan dan instansi dinkes di siak ini dapat bekerjasama untuk saling membantu panitia-panitia pemilu 2019 di kecamatan masing-masing, Kegiatan ini sepertinya baru di adakan untuk kecamatan Minas saja sekabupaten siak, karan kita belum ada dapat info dari kecamatan lain terkait pengecekan kesehatan terhadap para panita pemilu 2019 ini.” Tutupnya.(*)

Laporan   : Idris Harahap

Editor       : Indra H Piliang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close