JAWA TENGAH

Jelang Ramadhan,Pengrajin Kubah Mundri Masjid di Grobogan Kebanjiran Orderan

KARIMUNTODAY.COM, GROBOGAN – Datangnya bulan suci ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi para pengrajin  kubah mundri  masjid.  Solikin (56) warga Desa Selo Kecamatan Tawangharjo,Grobogan, Jawa Tengah, kebanjiran pesanan. Pesanan tak datang dari lokal saja namun berbagai wilayah di Kabupaten Grobogan. Mulai meningkata pesanannya sejak sebulan sebelum ramadhan. Pesanan meningkat hingga 50 persen.

Solikin, pengrajin kubah mundri yang sudah 20 tahun menjalankan usahanya ini sudah menghasilkan ratusan kubah mundri berbagai ukuran. Untuk membuat satu kubah  mundri dari bahan stainless ukuran kecil, pengerajin membutuhkan waktu satu hari. Selama satu byulan mampu membuat mundri mencapai 20 buah  kubah mundri dengan berbagai ukuran dan dengan harga bervariatif tergantung ukuran pemesan.

“ Untuk sehari satu mundri, jika sebulan sekira 20 mundri,” ucap Solikin.

Untuk mundri kubah mushola yang ukuran kecil yakni diameter  30 centimeter, pengerajin  menjualnya dengan harga 500 ribu rupiah,namun bila untuk ukuran satu meter kubah dari mundri pengerajin menjualnya  dengan harga dua juta rupiah.

“ Harga tergantung ukuran. Ya berfariasi ada yang 500 ribu, ada yang 2 juta,tergantung ukurann” terangnya.

Dalam pembuatan  kubah mundri,pengerajin membuatnya dengan tiga model kubah mundri. Yakni mundri model bintang,mundri model masjid demak dan mundri model variasi putar.  Saat ini, mundri model putar yang banyak diminati.

Selain pesanan langsung dari para pengurus mushola dan masjid, pengrajin juga menerima pesanan dari para agen toko material.(*)

Laporan  : Nurulyadi

Editor      : Indra H Piliang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close