NATUNA

Melalui Paripurna DPRD, Wakil Bupati Sampaikan Pidato Pengantar 51 Ranperda Natuna

KARIMNUNTODAY.COM, NATUNA – Wakil Bupati Natuna melalui rapat Paripurna menyampaikan Pidato Pengantar 51 Ranperda Natuna, di Ruang Rapat DPRD, (3/5) Jumat.

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti yang mewakili pihak eksekutif dalam penyampaianya menyebutkan, Ranperda yang disampaikan merupakan hasil pembahasan ditingkat ekskutif yang kemudian disampaikan untuk dilakukan pembahasan bersama di tingkat legislatif.

“Adapun maksud disampaikanya ranperda tersebut, adalah sebagai upaya tindakan preventif pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat”sebut Ngesti.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup Ngesti juga menyampaikan 51 Ranperda Kabupaten Natuna kepada lembaga legislatif, dalam hal ini DPRD Natuna.

Dari 51 Ranperda tersebut, diantaranya adalah Ranperda tentang Penyelenggaraan Kearsiapan, Ranperda Pengendalian Bahaya Kebakaran, Ranperda Penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Ranperda Pemberian Insentif dan Pemberian Kemudahan Penanaman Modal, Ranperda Perubahan atas Perda nomor 2 tahun 2012 tentang Administrasi Kependudukan, Ranperda Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Daerah, Ranperda Perangkat Desa, Ranperda Pencabutan atas Perda nomor 8 tahun 2010 tentang Pedoman Pembentukan dan Pengelolaan BUMDes, Ranperda tentang Perubahan Perda Pembentukan Desa dan Kelurahan dan Ranperda tentang Perubahan Perda Pembentukan Kecamatan Pulau Tiga.

“Jumlah Perda yang akan dirubah sebanyak 40 Perda. Yaitu Ranperda tentang Petubahan Perda Pembentukan Desa dan Kelurahan. Bahwa dengan adanya pelaksanaan kegiatan penetapan dan penegasan batas wilayah, maka terjadilah perbedaan luas dan batas desa dan kelurahan. Oleh karenanya perlu dilakukan perubahan terhadap beberapa Perda tersebut,” jelas Ngesti.

Selain 49 Ranperda diatas, pihak Pemdakab Natuna juga mengajukan 2 buah Ranperda lainnya, yaitu Ranperda tentang Tempat Pelelangan Ikan dan Ranperda tentang Perubahan Status sebagian Wilayah Kelurahan menjadi Desa.

“Dua Kelurahan tersebut yaitu Kelurahan Sedanau dan Kelurahan Sabang Barat. Bahwa dengan adanya perkembangan dan kemajuan Kecamatan dan Kabupaten Natuna, serta adanya aspirasi yang berkembang dalam masyarakat, kami memandang perlu meningkatkan penyelenggaraan Pemerintahan, guna menjamin perkembangan dan kemajuan wilayah,” kata Ngesti menerangkan.

Sejumlah Anggota DPRD Natuna saat Paripurna

Diakhir sambutannya, Wabup Ngesti juga menyampaikan ucapan Selamat Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriyah, kepada para Anggota DPRD Natuna dan tamu undangan yang hadir.

Senada dengan Ngesti, Wakil Ketua II DPRD Natuna, Daeng Amhar, juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dibulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah, seraya menutup rapat.

 

Laporan : Merni Lasmita
Editor     : Indra H Piliang
Loading...
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: