LINGGA

Wabup Lingga Safari Ramadhan ke Desa Keton

KARIMUNTODAY.COM, LINGGA – Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan yang penuh maghfiroh, pemkab Lingga yang dalam hal ini Wakil Bupati Lingga kembali berkesempatan menjalin ukhuwah Islamiyah dengan berkunjung ke Desa Keton, Kamis (23/05/2019).

Turut serta dalam rombongan safari Ramadhan tersebut Kabag Kesra Kabupaten Lingga, Kakan Kemenag Lingga, serta Ketua MUI Kabupaten Lingga.

Bertempat di masjid Nurul Iman, kegiatan silaturahmi yang ke-11 dijalani oleh Pemkab Lingga pada tahun ini, diketahui juga disejalankan dengan penyerahan bantuan sembako dari Baznaz Lingga.

Kepala Desa Keton selaku tuan rumah sangat menyambut baik kegiatan ini. Beliau mengucapkan terimakasih kepada Wakil Bupati Lingga yang telah rela datang, menyempatkan diri ditengah kesibukannya untuk bersilaturahmi dan hadir di tengah-tengah masyarakat Desa Keton.

“Terimakasih dan selamat datang kami ucapkan kepada wakil Bupati Lingga yang telah hadir pada hari ini, hari baik bulan baik, di masjid kami, Masjid Nurul Iman dalam rangka safari Ramadhan,” ungkapnya.

Ia juga bekesempatan menceritakan kondisi Desa Keton terutama di bidang pembangunan, dan bidang agama.

“Desa Keton tengah mempersiapkan Qori untuk MTQ tahun depan di tingkat Kecamatan Lingga Timur,” kata beliau mengabarkan.

Dia berharap semoga dengan kedatangan Wakil Bupati Lingga ini, bisa membawa berkah bagi desanya.

Selanjutnya penjelasan mengenai zakat, oleh perwakilan dari Badan Amil Zakat Kabupaten Lingga.

Dijelaskan bahwa, target Baznaz Lingga terkait penerimaan zakat mall pada tahun 2019 ini adalah 1,5 milyar.

Pihaknya optimis, dengan dukungan dari Pemkab Lingga, Insyaallah target tersebut bisa tercapai. Hal ini tentunya bukan pekerjaan yang mudah, mengingat masih perlunya diadakan sosialiasi demi meningkatkan kesadaran orang-orang yang berkewajiban membayarnya.

Beliau menghimbau kepada masyarakat setempat, agar senantiasa melakukan pembayaran zakat melalui Baznas atau perwakilan yang ditunjuk secara resmi. Baik itu untuk pembayaran zakat fitrah, maupun zakat mall.

Menurutnya, Wakil Bupati Lingga sangat mendukung penuh upaya tersebut, terlebih lagi terhadap program-programnyang menyentuh langsung kepada rakyat.

Terkait zakat, Ia menginformasikan bahwa saat ini satu-satunya Gubernur di Indonesia yang menjadi Duta Zakat provinsi, baru hanya Gubernur Kepri saja.

“Nanti sekiranya taget kita tercapai hingga 1,5 M, Wakil Bupati kita, akan kita angkat sebagai duta zakat Kabupaten Lingga” kata beliau optimis.

Selebihnya beliau berharap, semoga dengan kunjungan silaturahmi Wakil Bupati Lingga ke Desa Keton itu mampu mendatangkan keberkahan.

“Semoga pertemuan antara pemimpin dengan rakyat ini akan mendatangkan keberkahan bagi kita semua, aamiin” tutupnya.

Kemudian pada acara yang sama, setelah penjelasan dari Baznas Lingga, acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada para anak yatim dan bantuan kepada para janda dan kaum duafa yang telah hadir pada hari itu.

Penyerahan bingkisan tersebut dilaksanakan secara simbolis oleh Wakil Bupati Lingga, Kabag Kesra, ketua MUI dan juga Kakan Kemenag, serta perewakilan dari P2TP2 kabupaten Lingga.

Sementara itu, Kakan Kemenag Lingga yang jua berkesempatan menyampaikan sedikit sambutannya menghimbau bahwa pentingnya orang tua membangun karakter generasi muda yang agamis.

“Anak-anak kita harus bisa ngaji Al-Qur’an untuk bekalnya. Karena mereka adalah tanggungjawab kita sebagai orangtuanya,”kata beliau.

Lalu, beberapa menit sebelum berbuka, ketua MUI Lingga pun berkesempatan menyampaikan sedikit pencerahan melalui tausiyah singkatnya.

Beliau menyebutkan bahwa, ada empat keutamaan di bulan Ramadhan yang membuat Ramadhan berbeda dari bulan-bulan biasanya. yakni taatnya kita diterima oleh Allah SWT; Doa-doa diijabah oleh Allah; Dosa dan kesalahan diampuni Allah; dan syurga merindukan umat Nabi Muhammad yang bertemu pada bulan Ramadhan.

Untuk itulah beliau mengajak hadirin yang hadir, untuk sama-sama memanfaatkan waktu-waktu yang tersisa di bulan yang penuh dengan berkah dan ampunan ini, dan mengisinya dengan amalan yang bermanfaat dan sholat berjamaah.

Seterusnya, kegiatan ini dilanjutkan dengan berbuka bersama dan sholat berjamaah.

Diketahui hadir pada acara yang berbahagia ini Camat Lingga Timur, sekcam, kades, ketua BPD, tokoh masyarakat, dan Babinsa Desa Pekaka.(r)

 

Laporan : Trimo Saparino
Editor     : Indra H Piliang
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: