INDRAGIRI HILIRRIAUTEMBILAHAN

Bupati Inhil Buka Sekaligus Umumkan Pemenang Lomba Cipta Menu B2SA Berbasis Sumber Daya Lokal

KARIMUNTODAY.COM, TEMBILAHAN – Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan membuka sekaligus mengumumkan pemenang Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal Kabupaten Inhil Tahun Anggaran 2019, Kamis (27/6/2019) siang, di gedung Engku Kelana, Tembilahan. Kegiatan Lomba Cipta Menu ini diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Inhil. Lomba Cipta Menu B2SA diikuti oleh 20 peserta TP PKK tingkat Kecamatan se – Kabupaten Inhil.

Menurut Bupati, Lomba Cipta Menu B2SA ini merupakan program yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, tidak hanya di tingkat Kabupaten, namun juga di tingkat Provinsi Riau bahkan secara Nasional. Bupati mengaku bangga dengan Kabupaten Inhil. Kebanggan tersebut, dituturkan Bupati adalah karena pencapaian atau prestasi TP PKK Kabupaten Inhil yang mampu meraih gelar Juara di tingkat Nasional dalam ajang serupa pada tahun 2015 silam.

“Apa yang kita raih ini, tentunya harus kita masyarakatkan. Ini loh, ada menu hasil kreasi atau olahan asal Kabupaten Inhil yang telah menjadi menu terbaik di tingkat Nasional,” kata Bupati.

Bupati menuturkan, untuk penilaian Lomba Cipta Menu B2SA tahun ini tidak akan berbeda dengan kriteria penilaian pada tahun – tahun sebelumnya. Dari segi tampilan, Bupati menilai, menu yang dikreasikan oleh peserta lomba sudah cukup baik karena sudah dalam bentuk kemasan yang bisa dipasarkan.

Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan membuka sekaligus mengumumkan pemenang Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal Kabupaten Inhil Tahun Anggaran 2019, Kamis (27/6/2019) siang, di gedung Engku Kelana, Tembilahan.

“Yang jelas, Saya mengharapkan, mudah-mudahan dari hasil lomba yang dilaksanakan di tingkat Kabupaten ini bisa mendapatkan hasil yang terbaik kemudian nanti akan mewakili lomba di tingkat Provinsi (Riau, red),” kata Bupati.

Disamping itu, Bupati juga memiliki harapan yang lebih kepada TP PKK Kabupaten Inhil, yakni bisa ikut ambil bagian dalam Lomba Cipta Menu B2SA di tingkat Nasional dan kembali menjadi yang terbaik. “Kalau kita mengharapkan menjadi yang terbaik, itu bukanlah hal yang muluk-muluk. Karena kita sudah pernah mendapatkan Juara di tingkat Nasional di tahun 2015,” jelas Bupati.

Untuk kembali meraih gelar Juara, Bupati menyarankan, agar pihak Dinas Ketahanan Pangan dan TP PKK Kabupaten Inhil dapat mengevaluasi dan melakukan pembandingan menu olahan dengan daerah lain sehingga bisa dilakukan kreasi terhadap menu yang akan dibuat serta disajikan dalam Lomba Cipta Menu di tingkat Provinsi Riau dan Nasional nantinya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Inhil, Hj Zulaikhah Wardan mengharapkan, adanya kreasi ragam menu olahan yang dilakukan oleh TP PKK yang berpartisipasi dalam Lomba Cipta Menu B2SA. Hj Zulaikhah Wardan menuturkan, pada tahun ini, terdapat sedikit perbedaan menu yang diperlombakan jika dibandingkan dengan tahun – tahun sebelumnya.

Dia mengungkapkan, untuk tahun ini fokus perlombaan berada pada sisi menu yang memiliki nilai ekonomis. “Tahun ini agak lebih simpel. Tahun sebelumnya, lombanya itu membuat menu pagi, siang kemudian malam. Dan kita harus menghitung kandungan gizi untuk keluarga yang terdiri Ayah, Ibu, Anak Remaja dan Balita. Ini kan susah untuk dihitung gizinya,” papar Zulaikhah Wardan.

Oleh karenanya, Hj Zulaikhah Wardan berpesan agar peserta yang akan berlomba di tingkat Provinsi dapat memperhatikan aspek ekonomis sebelum menetapkan menu pilihan nantinya. “Nanti, setelah ini kepada Juara yang akan ikut berlomba di tingkat Provinsi Riau akan kita berikan penjelasan-penjelasan secara teknis sesuai dengan ketentuan yang ada supaya tidak salah,” ungkapnya.

Kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA Berbasis Sumber Daya Lokal Kabupaten Inhil Tahun 2019 ini dibagu menjadi 2 Kategori, yakni Kategori Lunch Box Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman atau B2SA serta kategori Olahan Pangan Lokal Komersial. Kegiatan Lomba Cipta Menu B2SA ini juga diselenggarakan bersempena dengan peringatan Milad Ke – 54 Kabupaten Inhil.

Dalam momen itu, diumumkan juga par pemenang lomba dari masing – masing kategori. Para pemenang berhak menerima hadiah berupa uang yang telah disediakan oleh pihak panitia penyelenggara.

Adapun pemenang dari masing – masing kategori adalah sebagai berikut: Kategori Lunch Box Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) 1. Tembilahan Hulu 2. Pelangiran 3. Batang Tuaka Kategori Olahan Pangan Lokal Komersial 1. Batang Tuaka 2. Tembilahan 3. Gaung.(adv)

Laporan : Ridho magribi/ Diskominfops Inhil

Editor    : Indra H piliang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close