MINASRIAUSIAK

Pelaksanaan Pawai Takbir 1440 Hijriyah Oleh Masyarakat & Upika Minas, Berlangsung Sangat Meriah

KARIMUNTODAY.COM, SIAK– Pawai takbiran Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah yang dilaksanakan oleh Unsur Pimpinan Kecamatan (Upika) Minas, Kabupaten Siak, Riau, yang di lepas oleh Camat, Kapolsek dan Danramil, Selasa (4/6/2019) malam tadi tampak berlangsung aman tertib dan meriah. Ribuan masyarakat Minas ikut memeriahkan pawai itu dengan menggunakan puluhan mobil dan ratusan kendaran roda dua beserta sejumlah mobil hias perwakilan masjid dan Mausollah yang ada di Kecamatan Minas, mereka pun tampak berkumpul di halaman kantor camat setelah itu dilakukan pelepasan oleh jajaran Upika Minas.

Adapun rute yang ditempuh star dari kantor Camat melewati jalan raya nasional sepanjang kurang lebih 11 Kilometer hingga finish di halaman parkir Masjid Al-fatah Chevron Minas. Kapolsek Minas Kompol Birma Naipospos pada kesempatan itu mengatakan,

“Dalam hal ini kami mengawal jalannya pawai ini bertujuan untuk kemanan kita bersama, sebab dalam hal ini kita menggunakan kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat, namun demikian walupun kita dilengkapi pengamanan dari para personil gabungan TNI Polri maupun Satpol PP, namun kami tetap menghimbau agar kita semua saling mengisi dan saling menjaga atas ketertiban bersama,” Imbuh Kapolsek.

Dalam kesempatan yang serupa camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP Msi pihaknya mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia, baik itu dari TNI Polri maupun Satpol PP yang telah membantu pelaksanaan pawai takbir tersebut, dikatakan camat Hendra, hal ini merupakan wujud kebersamaan maupun syiar Islam dalam pelaksanaan maupun memeriahkan menyambut datangnya hari raya idul fitri di tahun ini.

“Kegiatan pawai takbir malam ini kemeriahaannya sangat jauh berubah, Alhamdulillah ini tentunya menunjukkan semangat dari kita bersama dan kedepan kita harapkan lebih baik lagi,” Ujar Camat.

Sebab kata dia yang ikut dalam giat ini tidak hanya Muslim saja namun juga dari kaum Nasrani, “dari pantauan oleh kita, ditemui ada sebahagian saudara-saudara kita yang dari Nasrani ikut memeriahkan maupun meramaikan jalannya pawai ini, dan itu merupakan wujud dari Persatuan kita, mari kita selalu jaga persatuan dan kebaikan bagi kita bersama,” Imbuhnya.

Pihaknya juga tak lupa menyampaikan rasa terimakasih terhadap para sponsor yang telah mensupport kegiatan itu dengan membantu biaya untuk hadiah dari perlombaan mobil hias yang juga diselenggarakan dalam giat itu. “Semoga di catat sebagai Amal ibadah oleh Allah dan menjadi berkah untuk kita bersama,” Ucapnya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini tim penilai tidak lagi berasal dari kecamatan Minas, yakni di datangkan dari kecamatan Kandis, hal ini kata dia bertujuan agar tidak terjadi kecemburuan sosial terhadap pemenang yang di tunjuk oleh Panitia.

“sengaja di datangkan dari Kandis sesuai dengan permintaan masyarakat, sebab kita ingin hasil dari penilaian itu betul-betul hasil dari kreasi dari pengurus Masjid dan Mausollah yang ikut dalam lomba mobil hias pawai takbir ini,” Tukasnya.

Sebagaimana di ketahui pada pawai takbir tahun 2018 lalu piala bergilir dalam lomba mobil hias pawai takbir tersebut di pegang oleh Masjid Al-hijrah Simpang Perawang, namun pada tahun ini piala itu jatuh kepada Mushollah Babussalam meranti, dengan perolehan nilai 91, untuk tahun 2019 ini Masjid Al-hijrah Simpang Perawang mendapatkan juara kedua dengan perolehan nilai selisih tipis dari Musollah Babusslam yakni 90, adapun yang meraih juara tiga iyalah masjid Nurul Iman Km.33 kampung Minas Barat.

Maka atas perolehan itu piala bergilir pun untuk tahun 2019 otomatis di pegang oleh Mausollah Babussalam sebagai juara 1 dalam kegiatan lomba mobil hias tersebut.(*)

Laporan   : Idris Harahap

Editor       : Indra H Piliang

Loading...
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: