KUANSINGRIAU

Tahun Ini, Pemdes Seberang Simpang Pulau Beralo Kecamatan Kuantan Hilir Fokuskan Peningkatan Perekonomian

KARIMUNTODAY.COM,TELUK KUANTAN – Peningkatan perekonomian dan penyedia air bersih menjadi prioritas pembangunan Pemerintah Desa (Pemdes) Seberang Simpang Pulau Beralo, Kecamatan Kuantan Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, Tahun 2019, Hal ini terlihat telah dimanfaatkan Dana Desa (DD) tahap I oleh Pemdes seperti kegiatan padat karya tunai yang sudah dilaksanakan dua kali dengan membersihkan dan penebasan jalan usaha tani sepanjang 2000 meter.

Selain itu DD tahap I kali ini juga sudah dipergunakan oleh Pemdes untuk pengadaan pipa air bersih untuk 100 rumah masyarakat Desa Seberang Simpang Pulau Beralo yang nantinya dipergunakan untuk penyaluran air bersihnya, Sedangkan untuk penyedian air bersih akan kita bangun setelah DD tahap II cair.

“Alhamdulillah DD tahap I sudah kita pergunakan sebaik-baiknya untuk peningkatan perekonomian dan pengadaan sarana penyaluran air bersih seperti pipanya.” Ujar Kepala Desa (Kades) Seberang Simpang Pulau Beralo, Hasnan Yatim KEPADA karimuntoday.Com Saptu (22/6/2019).

Dikatakan Kades, untuk penyedia atau pengaliran air bersih ke rumah-rumah masyarakat merupakan pioritas unggulan, dilihat selama ini warga menggunakan sungai kuantan untuk mencuci dan mandi, sedangkan untuk memasak dan minum warga Desa Seberang Simpang Pulau Beralo harus mengeluarkan biaya untuk membeli air galon.

“Kita memang kesulitan air bersih, sebab desa kita berada pada dataran tinggi, maka dari itu kami bersama BPD dan masyarakat menyepakati pembangunan penyedian dan penyaluran air bersih ini menjadi program pioritas yang utama.” Tuturnya.

Adapun program lainnya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemdes juga akan memberikan bantuan bibit kelapa hibrida untuk setiap rumah, tidak hanya bibit, Pemdes juga membantu pagar dan pupuknya. “Kita akan bantu setiap rumah 5 batang bibit kelapa hibrida, sebab bisa kita lihat di Desa kita ini bisa dikatakan tidak ada pohon kelapa. Yang jelas apabila semua sudah berjalan seperti pembangunan penyedian dan penyaluran air bersih, dan bantuan bibit kelapa nantinya akan meningkatkan perekonomian masyarakat, hal ini saya katakan sebab masyarakat untuk air bersih dan kelapa harus membeli.” Pungkasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dusun I Desa Seberang Simpang Pulau beralo, Sumardi mengaspresiasi program-program Pemdes tersebut. “Pemdes kalau punya pemikiran seperti ini kan sangat bagus, dan sya mewakili masyarakat akan mendukung penuh pembangunan ini.” Ucapnya.(*)

Laporan  : Roder

Editor      : Indra H Piliang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: