NATUNA

Wakil Bupati Natuna Buka Lomba Bercerita Tingkat SD

KARIMUNTODAY.COM, NATUNA – Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti pagi tadi, membuka resmi acara lomba bercerita tingkat SD-MI, Se-Kabupaten Natuna,digelar di kantor Perpustakaan Daerah.

Dengan Motto menumbuh kembangkan kegemaran membaca, kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya membangun karakter kecerdasan dan inovasi generasi muda Indonesia, diharapkan mampu menumbuh kembangkan bakat anak dalam bercerita .

Ngesti berharap, dengan adanya lomba ini, dapat menambah semangat, minat baca, dan karakter anak.

“Budaya membaca, harus dimulai dari usia dini. Meski tidak harus dipaksa, namun harus dibiasakan. Dengan membaca, bakal banyak ilmu kita dapat .Untuk itu, peran orang tua sangat penting” ucapnya.

Wabup Natuna, Ngesti Yuni Suprapti

Pemerintah daerah selalu mendukung. Namun semua itu tidak akan bisa berjalan lancar jika para pendidik orang tua, serta elemen masyarakat tidak turut membantu.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Basri , mengungkapkan, kegiatan Lomba Bercerita tingakt SD/MI, Se-Kabupaten Natuna,guna meningkatkan minat baca dan menghargai budaya daerah maupun bangsa. Adapun giat tersebut, diikuti 7 Kecamatan dari 15 yang di undang. Hal itu dikarenakan kurangnya kesiapan dari 8 kecamatan lainnya. Sehingga tidak dapat hadir, ucap Basri di Gedung Perpustakaan Daerah Rabu, 19/06/2019, Jalan Sihotang Ranai Natuna,

Ia menjelaskan, semua sekolah sudah di undang, melalui UPTD, maupun Kecamatan masing- masing.Bahkan pihaknya juga telah melakukan sosialisasi. Mungkin karena jarak dan waktu, sehingga beberapa kecamatan tidak bisa hadir”, ucap nya.

Adapun 7 kecamatan yang hadir, adalah Kecamatan, Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut, Bunguran Tengah, Bunguran Barat, Midai, Serasan Timur, Bunguran Batubi.

Sementara 3 Kecamatan , sudah nendaftar dan menyatakan mundur kembali, adalah , Kec Bunguran Utara, Bunguran Selatan dan Pulau Tiga Barat. Alasannya, peserta sakit dan ada lagi berlibur.

Sebelum acara dimulai Para hadirin terlebih dulu disuguhin peserta pemenang lomba bercerita tingkat Kabupaten, hingga Provinsi, dan membawa nama Natuna mewakili Kepri di tingkat Nasional, tahun 2017 lalu. Pemenang lomba Hikayat Dewa Mendu, dibawakan oleh Yoga Pebriyanto, mampu membawa harum nama Natuna ditingkat Nasional. Berkaca dari situ diharapkan punya regenerasi. Sebab acara tersebut diselenggarakan setiap tahun.

Untuk itu, Busri berharap kedepan Kabupaten Natuna bisa kembali mewakili Kepri berlaga di tingkat Nasional

Ada tiga unsur, bernaung untuk meningkatkan minat baca anak, Disdik, Pemberdayaan Perempuan dan anak, Dan Perpustakaan Daerah. Dengan gemar membaca maka anak akan lebih memahami dan rasa kagum akan budaya bangsa. Acara akan dilaksanakan selama 3 hari. Judul, cerita rakyat. Dan telah ditentukan panitia.Pemenang dari Sini akan kita kirim ke Provinsi.

Basri juga mengatakan pihaknya melakukan Lomba perpustakaan tingkat SMA. Yang terbaik akan mewakili tingkat Provinsi dan tingkat nasional.

Kemudian lomba Pengunjung perpustakaan, paling teraktraktif, baik di Ranai maupun di Kecamatan yang ada perpustakaannya.

Kenapa acara di lakukan dikantor?, Kami ingin sosialisasi kemasyarakat. Bahwa kantor Perpustakaan daerah Natuna ada, dan buka Sabtu dan Minggu. Cuma jamnya dibatasi.

“Tahun 2018 lalu, pihaknya tidak dapat melaksanakan giat tersebut, karena APBD defisit. Harapannya giat seperti ini menjadi prioritas bagi Pemerintah.Sehingga kegiatan tidak ditunda” ucapnya .

Hadir pada acara itu, Asisten Tasrip, Izwar Aspawi, Kadis Ketahanan Pangan Ibu Sri, Kadisnakertrans Husyaini, Sekretaris DLH, Faisal.

 

Laporan : Merni Lasmita
Editor    : Indra H Piliang
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close