INDRAGIRI HILIRINDRAGIRI HULURIAU

Bupati Inhil Melantik Penjabat Kepala Desa Harapan Jaya Kecamatan Tempuling

KARIMUNTODAY.COM, TEMBILAHAN – Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Drs HM Wardan MP melantik Penjabat (Pj) Kepala Desa Harapan Jaya Kecamatan Tempuling, Kamis (11/7/2019). Bertempat di Halaman Kantor Camat Tempuling, turut hadir Plh Asisten Administrasi Umum Setda Inhil RM Sudinoto SP MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa H Yulizal, Camat Tempuling Ridwan SSos MSi, Kapolsek Tempuling, Danramil Tempuling, Ketua beserta Pengurus TP-PKK Kecamatan Tempuling, Pimpinan Cabang Bank Riau-Kepri Tembilahan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan para tamu undangan.

Camat Tempuling dalam sambutannya berharap agar Pj Kepala Desa Harapan Jaya dapat menjalankan tugas sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Dirinya juga mengucapkan terimakasih atas pengabdian dan sumbangsih kepala desa yang lama.

Pada kesempatan itu, dirinya menjabarkan sekilas mengenai geografis Desa Harapan Jaya. “Desa Harapan Jaya merupakan desa terujung di bagian barat Kecamatan Tempuling yang berbatasan dengan Kabupaten Inhu. Desa Harapan Jaya merupakan desa yang baru berkembang, desa ini pemekaran dari Desa Teluk Kiambang,” terangnya.

Ridwan menyampaikan bahwa Program DMIJ pada periode lalu terlaksana dengan sukses di Kecamatan Tempuling. “Kami bersyukur dan berterimakasih atas kucuran dana dari DMIJ ini. Berkat DMIJ masyarakat desa menjadi mandiri dan terus membenahi diri menjadi lebih baik,” ungkap Ridwan.

Selain itu dilaporkannya pelaksanaan pilpres dan pileg beberapa waktu lalu berlangsung aman terkendali berkat kerjasama Kepala Desa/ Lurah dan jajaran bersama masyarakat.

Sementara itu, Bupati dalam arahannya menyebut bahwa Pj Kepala Desa memiliki wewenang yang sama dengan Kepala Desa. Pelantikan Pj Kepala Desa merupakan implementasi dan amanah UU Nomor 6 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 yang telah diubah menjadi Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2016 tentang desa. Dalam Peraturan Pemerintah tersebut dikatakan penunjukan dan pengangkatan Pj Kepala Desa bertujuan untuk mengisi kekosongan jabatan kepala desa, baik karena habis masa jabatan maupun karena berhentinya kepala desa bersangkutan sebab mengundurkan diri atau sebab lain yang menurut UU harus diganti.

“Pahami betul tentang tugas pokok dan fungsi sebagai Penjabat Kepala Desa. Jangan cepat-cepat melakukan perombakan perangkat desa. Koordinasikan dengan Camat. Maksimalkan potensi yang ada di desa itu,” ujar Bupati.

Menurutnya Desa Harapan Jaya memiliki pengelolaan dan administrasi yang, oleh sebab itu Bupati menginstruksikan agar Pj Kepala Desa yang baru saja dilantik mempertahankan dan melanjutkan hal tersebut.

“Karena saya sudah pernah berkunjung beberapa kali dan saya melihat itu. Ada pendamping desa yang merupakan mitra dalam menyusun program pembangunan desa. Kami sudah merumuskan RPJMD dan dibuat buku. Itu bisa jadi pedoman. Dalam pelaksanaan program 5 tahun ke depan itulah draftnya,” urai Pemimpin Kabupaten Paling Selatan di Provinsi Riau ini.

Di momen tersebut pula dimanfaatkan Bupati untuk menyampaikan program prioritas Kabupaten Inhil periode ini. Sebagaimana diketahui sasaran penting bagi Pemkab Inhil saat ini adalah meningkatkan ekonomi rakyat. “Saya sudah memberi instruksi kepada Dinas PMD untuk membentuk BUMDes di seluruh desa yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir, ini wajib. Nanti BUMDes ini akan menjadi wadah untuk mengembangkan potensi masing-masing desa,” tukasnya.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Kabupaten Inhil adalah daerah penghasil kelapa terbesar di Indonesia. Sebagian besar komoditi lokal desa di wilayah Inhil adalah kelapa. Berdasarkan hal tersebut Bupati berharap agar masyarakat dapat memaksimalkan potensi kelapa tersebut.

“Saya sudah menandatangani beberapa MoU dengan perusahaan yang akan membantu kita agar seluruh bagian dari kelapa mulai dari air, tempurung, hingga sabut dapat memiliki nilai ekonomis,” beber Orang Nomor Satu di Negeri Hamparan Kelapa Dunia ini.

Tidak hanya itu, Bupati juga berharap agar rumah tahfiz di setiap desa dan kelurahan segera dibangun. “Karena saya juga ingin meningkatkan SDM, untuk mewujudkannya adalah dengan mencetak para hafiz dan hafizah bagi generasi kita,” pungkasnya.(*/r)

Laporan : Ridho magribi

Sumber : Humas Inhil

Editor    : Indra H piliang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close