MINASRIAUSIAK

Persiapkan Penilaian Akreditas, Pengawas Sekolah Lakukan Penyuluhan Peningkatan Mutu Di SDN 04 Minas Jaya

KARIMUNTODAY.COM, SIAK– Akreditasi merupakan salah satu faktor penting bagi lembaga pendidikan. Hal ini menjadi tolok ukur tingkat mutu pendidikan di lembaga tersebut. Sehingga, mendapatkan nilai tinggi sudah menjadi kebutuhan setiap sekolah. Tak terkecuali di SDN 04 Minas. Pengawasan dan bimbingan tampak dilakukan di sekolah itu terkait mutu pendidikan sekolah meliputi 8 standar nasional pendidikan. Yakni, Standar kelulusan, isi, proses, penilaian, pengelolaan, standar PTK atau guru, sarana prasarana, dan keuangan. Karenanya, pengawas (Korwas) binaan Sekolah Dasar (SD) dinas pendidikan kabupaten Siak, yang di tugaskan untuk kecamatan Minas tampak melakukan pengawasan maupun bimbingan di sekolah itu secara menyeluruh dan detail.

“Giat ini kita lakukan dalam rangka peningkatan mutu terhadap penilaian Akreditasi sekolah yang nantinya akan datang juga Asesor dalam rangka visitasi untuk menilai delapan standar nasional pendidikan untuk sekolah, khususnya di SDN 04 Minas ini,” Kata Muzarlis kepada Wartawa, selaku kordinator pengawas (Korwas) binaan Sekolah Dasar (SD) dinas pendidikan kabupaten Siak, yang di tugaskan untuk kecamatan Minas. Senin (15/07/19).

Kata dia, selain SDN 04 Minas, ada tiga sekolah lagi di Kecamatan Minas yang masuk dalam kategori itu, yakni SDN 01, SDN 03 dan SDN 05 Kecamatan Minas. “Berdasarkan aturan yang dibuat oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) masa visitasi yang kita lakukan untuk penilaian di sekolah itu selama dua hari per sekolah, dengan dua orang Asesor penilai, Kreteria sekolah yang masuk dalam penilaian ini berdasarkan delapan standar nasional pendidikan yang capaiannya diatas standar yang mendapat nilai ‘A’ kira-kira dengan nilai dari 91 hingga 100. Diantaranya ada standar kompetensi lulusan, standar isi, standar peroses, kemudian ada standar PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dan lain sebagainya.” Terangnya.

Adapun untuk SDN 4 Minas ini kata dia, semua sudah keluar, baik itu Rapor mutu secara keseluruhan maupun rapor mutu penguatan pendidikan karakter dan juga Rapor mutu untuk GLS hingga rapor mutu UKS, “Alhamdulillah SDN 4 Minas berdasarkan penilaian yang kita lakukan nilainya sangat bagus dan diatas standar, boleh di katakan untuk sekolah SDN sekecamatan Minas SDN 4 ini adalah sekolah yang terbaik.” Paparnya.

Dijelaskannya, adapun kegunaan Rapor mutu ini kata dia, nantinya setelah dianalisis oleh kementrian pendidikan RI bagi yang memiliki nilai rendah maka sekolah itu akan di masukkan kedalam RKS untuk proritas perbaikan, kemudian dimasukan kedalam RKAS (Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah) untuk rencana biaya yang dibutuhkan sekolah agar bisa melakukan pembimbingan terhadap nilai-nilai yang rendah di sekolah terkait.

Sementara itu Rosniawati Syamsimar MPd Kepala Sekolah Dasar Negri 04 Minas, dia berharap, penilaian nantinya bisa memberikan hasil yang lebih tinggi. Sehingga, mempertahankan prestasi yang telah diraih oleh sekolah yang terletak di jalan yos sudarso Minas Jaya itu. Juga, semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap SDN 04 Minas.

“Untuk Akreditasi sekolah ini sudah kita siapkan jauh-jauh hari, sebab untuk perangkat pembelajaran di sekolah ini setiap guru sudah memiliki hal itu, jadi dalam hal ini kita tinggal memoles atau merekap untuk penilaian di sekolah kita ini yang akan dilakukan nantinya, tentunya kedepannya kami berharap sekolah kami tetap mendapat nilai yang terbaik, sebab kemarin kita juga sudah dapat nilai (a) paling tidak kita mempertahankan nilai (a) tersebut.” Pungkasnya.(*)

Laporan   : Idris harahap

Editor       : Indra H Piliang

Loading...
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: