NATUNA

Puncak HUT Bhayangkara Ke 73, Polres Natuna Gelar Upacara dan Pesta Rakyat

KARIMUNTODAY.COM, NATUNA – Polres Natuna memperingati Hari Jadi Bhayangkara ke 73 secara sederhana dengan di gelar nya Upacara dengan tema dan Pesta Rakyat, dipusatkan di Pantai Kencana Ranai, pada Rabu (10/7) pagi.

Upacara Bhayangkara ke 73 di polres Natuna tersebut mengangkat tema “Dengan Semangat Promoter Pengabdian Polri Untuk Masyarakat Bangsa dan Negara”.

Bertindak selaku inspektur upacara Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K, dalam kesempatan nya membacakan amanat Presiden Jokowi, menyebutkan bahwa Kerja keras dan pengabdian Polri, telah dirasakan hasilnya oleh seluruh Masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam Negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik.

“Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan Internasional yang diselenggarakan Pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan Demokratis.” Ucap Nugroho

Disamping itu, Polri juga telah mengungkap berbagai kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan Masyarakat, kemudian kejahatan lintas Negara seperti Terorisme, Perdagangan Narkotika, Perdagangan Orang, dan Kejahatan Siber, Lalu Kejahatan Berimplikasi Kontinjensi seperti Konflik Sosial, kerusuhan Massa, dan unjuk rasa anarkis, sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan Negara seperti Illegal Logging, Illegal Fishing, dan Tindak Pidana Korupsi.

Termasuk dalam menindak kejahatan Tindak Pidana Korupsi, sepanjang tahun 2018, Polri telah berhasil mengungkap kerugian Negara senilai Rp 2,9 Triliun dan menyelamatkan keuangan Negara sebesar Rp 2,3 Triliun.

Dalam pengelolaan organisasi, Polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi. Laporan keuangan Polri meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan selama 6 tahun berturut-turut.

Laporan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menunjukkan Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Indeks Reformasi Birokrasi Polri mengalami peningkatan, disertai dengan keberhasilan mewujudkan 69 Zona Integritas, yang terdiri dari 64 Satker dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan 5 Satker dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Hal ini menempatkan Polri pada urutan kedua Kementerian/Lembaga dengan Zona Integritas terbanyak setelah Kementerian Keuangan.

“Terorisme dan radikalisme masih menjadi potensi ancaman bagi stabilitas keamanan dalam Negeri. Selain itu, pesatnya perkembangan teknologi informasi juga mendorong semakin besar dan beragamnya potensi kejahatan di ruang siber. Demikian pula penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian, menjadi ancaman bagi kerukunan, persatuan, dan kesatuan bangsa kita.” Pungkasnya.

Dalam memeriahkan HUT Bhayangkara ke 73 ini, polres Natuna juga menggelar pesta rakyat dengan mengadakan berbagai lomba diantaranya, Lomba Tarik Tambang, Lomba Balap Karung, Lomba Makan Kerupuk, Lomba Permainan Catur.

Semangat dan antusias masyarakat begitu terlihat dalam mengikuti lomba yang digelar, hubungan antara masyarakat dan polres Natuna pun tampak dekat, hal ini dikarenakan adanya sosialisasi yang baik terhadap masyarakat, sehingga tidak ada kerenggangan antara polres Natuna dan Masyarakatnya.

 

 

Laporan : Merni Lasmita
Editor     : Indra H Piliang
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: