MINASRIAUSIAK

Sambut Hari Kemerdekaan RI Warga RT Ladang Kopon Minas Gelar Turnamen Koa & Domino

KARIMUNTODAY.COM, SIAK– Ada banyak cara dalam mengisi Kemerdekaan, begitu pula memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya dengan menggelar perlombaan permainan rakyat. Dalam rangka peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 Masayarakat RT ladang Kopon, mereka menggelar turnamen Domino dan Koa yang bertempat di RT.05/RW.04 Jalan Panglima undan permai baru, kelurahan Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Rabu (10/07/19) Malam.

Tokoh masyarakat setempat Junaidi Tanjung Siregar didampingi oleh Darbi,SAg penghulu kampung Rantau Bertuah yang juga tampak hadir dalam giat itu, kepada Wartawan dia mengatakan, tujuan acara ini digelar adalah untuk memupuk kebersamaan dan menumbuhkan semangat kemerdekaan antar pemuda khususnya yang ada di wilayah kecamatan Minas.

“Dalam hal ini kita juga melakukan penggalangan dana untuk pembangunan di wilayah lingkungan kampung kita di sini, sebagaimana dapat di lihat kita sedang membangun gapura namun masih ada sedikit yang belum rampung, gapura ini kita bangun dengan swadaya masyarakat tanpa ada peran dari pemerintah,” Kata Junaidi.

Selain itu juga kata dia, tentunya kegitan ini untuk memeriahkan datangnya hari kemerdekaan RI yang ke 74 tahun, namun yang lebih penting dalam hal ini kata dia iyalah untuk saling mempererat rasa persaudaraan antara sesama warga khususnya di kecamatan Minas.

“Sebab permainan Koa maupun Domino ini kan bisa dikatakan sebuah permainan tradisional yang tentunya sangat patut untuk di lestarikan dan dibudayakan, dari pada anak-anak kita pergi ketempat-tempat yang tidak jelas, kan lebih baik kita kumpulkan di sini, intinya bagaimana kiranya permainan tradisional ini dapat tetap bertahan di era teknologi seperti saat ini.” Ucapnya.

Lanjut dia, kegiatan ini akan di gelar hingga sebulan kedepan, “izin yang kita minta kepada kapolsek Minas, giat ini akan kita laksanakan hingga tanggal 15 Agustus bulan depan, untuk hadiah utamanya maupun jumlah total hadiahnya belum ada kita pastikan, sebab masih dalam tahapan perundingan kita bersama,” Lanjut dia.

Dalam hal ini pihaknya juga berharap semoga kegitan yang telah di gelar itu mendapatkan dukungan maupun suford dari pemerintah setempat baik itu dari pihak kecamatan maupun kelurahan. “Kita berharap semoga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan aman hingga pada penutupan nanti, kita juga berharap pihak kelurahan maupun Upika Minas kiranya berkenan datang ketempat ini untuk memeriahkan kegiatan yang kita taja ini,” Pungkas-nya.(*)

Laporan  : Idris Harahap

Editor      : Indra H Piliang

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close