MINASRIAUSIAK

Dugaan Pungli di SDN 07 Mandiangin Komisi I DPRD Siak Telah Sampaikan ke Dinas, Ombusdman Jelaskan Begini….

KARIMUNTODAY.COM, SIAK – Dugaan pungli seragam sekolah di Sekolah Dasar Negeri 07 Mandiangin Minas, Kabupaten Siak, Riau, termasuk dalam 58 juknis incaran tim saber pungli sesuai Perpres Nomor 87 Tahun 2016.

Berawal dari keberatan orangtua (walu murid) perihal pembelian 4 stel seragam sekolah oleh pihak sekolah yang terkesan memaksa. Bahkan, pihak sekolah melalui panitia PPDB mengancam akan menahan rapor siswa-siswi yang tidak membeli seragam sekolah tersebut melalui pihak sekolah.

Diketahui sebelumnya, 4 stel seragam sekolah itu seharga Rp200.000/perstel, dengan jumlah sebanyak 4 stel. Maka untuk 4 stel seragam sekolah tersebut, orangtua dikenakan harga Rp800.000.

Sementara itu, menurut salah satu orangtua (wali murid) harga di pasaran lebih murah atau dibawah harga yang ditawarkan oleh pihak sekolah yang mana 1 stelnya itu seharga Rp100.000.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Siak Hj Gustimar SPd mengatakan, bahwasanya persoalan itu telah diteruskanya ke dinas terkait. Dan persoalan itu juga sudah ada wartawan yang menyampaikan.

“O, ya itu, terkait persoalan itu bunda sudah sampaikan ke Dinas Pendidikan, dan itu Dinas Pendidikan lagi mencari titik permasalahannya, persoalanya juga sudah sampai ke dinas,” kata anggota DPRD Kabupaten Siak Dapil 3 Tualang itu, Sabtu (10/8/2019) pagi kemarin.

Dilain pihak Ombusdman Provinsi Riau ketika dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp, Rabu (7/8/2019) lalu menjelaskan, jika merupakan orangtua korban, maka cukup dengan melengkapi KTP.

Selanjutnya, menceritakan kronologi dugaan maladministrasi, ceritakan dari awal lengkap dengan keterangan waktu. Ombusdman meminta untuk mengonfirmasi kembali dan mengadukan permasalahan tersebut kepada Dinas Pendidikan.

“Jika bapak merupakan orangtua korban, maka bapak cukup melengkapi KTP. Namun, jika bapak bukan merupakan orangtua korban. Maka, kami membutuhkan surat kuasa dari orangtua korban kepada bapak. Serta KTP pemberi dan penerima kuasa,” jelasnya, Rabu (7/8/2019) lalu.

Dapat di informasikan kembali bahwa sebelumnya berita dugaan pungli di Sekolah Dasar Negeri 07 Mandiangin ini telah terbit dilaman media ini, Kamis (8/8/2019) lalu dengan link sebagai berikut : http://karimuntoday.com/2019/08/dugaan-pungli-seragam-sekolah-di-sdn-07-mandiangin-ini-tanggapan-disdikbud-siak/ .

Secara terpisah, Ketua Tim Saber Pungli Polres Kabupaten Siak, Provinsi Riau sampai berita ini diunggah belum dapat dimintai konfirmasinya, terkait adanya dugaan pungli di SDN 07 Mandi Angin, Minas, belum dapat dimintai tanggapanya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: