KEPRIKUNDUR

Meriahkan HUT RI ke-74, Warga Tionghoa Kundur Gelar Berbagai Lomba

KARIMUNTODAY.COM, KUNDUR – Persatuan warga Tionghoa Pulau Kundur  dalam rangka memeriahkan hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-74 dengan menggelar berbagai perlombaan didepan Sekolah Budha Kelurahan Tg Batu kota, Kecamatan Kundur Kabupaten Karimun,Provinsi Kepri, Minggu (18/8/2019).

 Keikut sertaan, warga dan masyarakat Tionghoa Pulau Kundur dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan RI ke-74 dengan menggelar berbagai macam perlombaan, dapat dijadikan sebuah gambaran kemajemukan dalam berbangsa dan bernegara. Indonesia bukan hanya multietnis seperti, Melayu, Jawa, Batak, Bugis, Flores, Bali dan sebagainya, akan tetapi didalamnya juga ada etnis Tionghoa.

Selain itu Indonesia adalah negara yang memiliki sejumlah ras dan suku bangsa dengan berbagai karakter yang berbeda-beda yang memiliki sejarah, idiologi, agama, yang tersusun sebagai sebuah struktur berbangsa dan juga bernegara.Hal tersebut sangat berpengaruh, pada kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga kita dapat memaknai arti dari sebuah kemerdekaan sampai saat ini.

 Kendati dengan adanya berbagi perlombaan yang digelar seperti mengambil kelereng dengan dengan sendok yang digigit menggunakan mulut, memakan kerupuk dan lain ssebagainya adalah bukti kebersamaan warga Tionghoa Pulau Kundur ditengah kemajemukan.Perlombaan tersebut, juga adalah cermin dari rasa semangat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, yang digagas oleh seluruh vihara yang ada di lima Kecamatan se-pulau Kundur.

Herman salah seorang Tokoh Pemuda warga Tionghoa Pulau Kundur, saat dikonfirmasi karimuntoday.com, Minggu (18/8/2019), mengatakan, perlombaan tersebut diadakan, untuk memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

“ Terlaksananya perlombaan itu juga adalah kerja sama vihara dan seluruh masyarakat Tionghoa di lima Kecamatan se-pulau Kundur, dalam rangka HUT RI ke-74,” Imbuhnya

Sementara itu,  Fifin Ketua Panitia kegiatan pelombaan mengatakan,Kegiatan atau perlombaan tersebut hanya semata-mata bentuk Keikut sertaan kita dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Dan kegiatan ini digagas oleh seluruh Vihara, lima Kecamatan se-pulau Kundur.

Menurutnya perlombaan dalam rangka HUT RI ke-74 yang dilaksanakan dihalaman sekolah minggu Budha tersebut setelah selesai akan dilanjutkan dengan acara makan bersama di gedung PMVDS, dan penutupan akan di selenggarakan di Vihara Dharma Shanti Kecamatan Kundur,”  Terang Fifin kepada  karimuntody.com.(*)

Laporan    :  (Majid)

Editor      : Indra H piliang

Loading...
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: