KRIMINALSIAK

Ngaku Jadi Komandan Buser Se-Riau, 3 Oknum Wartawan Ini Di Bekuk Polisi 

KARIMUNTODAY.COM, SIAK –  Sebanyak 3 (tiga) orang oknum wartawan dari sebuah media masa yang ada di Indonesia, mereka berinisial MR dan HA beserta rekannya SK dipolisikan lantaran mereka melakukan tindakan kriminal, berupa pemerasan terhadap beberapa orang pemilik toko barang harian di Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau. Kamis (01/08/19).

Berdasarakan keterangan yang awak media dapatkan dari Kapolres Siak AKBP Ahmad David SIK, Melalui Kapolsek Tualang Kompol Pribadi SH dia mengatakan, Ketiga oknum wartawan itu, melakukan aksinya, pada hari Jumat  (26/07/2019) sekira pukul 15.00 WIB kemarin. Dimana para oknum itu melaksanakan aksinya dengan berpura-pura membeli rokok bermerek Luffman sebanyak 1 (satu) slop.

“setelah korban yang merupakan pemilik toko tersebut memberikan rokok itu kemudian pelaku mengatakan kepada korban bernama Oyong Muda bahwa rokok tersebut tanpa cukai dan diancam hukuman 12 (dua belas) tahun penjara, lalu tersangka mengatakan bahwa mereka adalah Komandan Buser Se Riau. “Ungkap Kapolsek Tualang Kepada Awak media. Kamis (01/08/19) saat di temui di ruang kerjanya.

Lanjut Kapolsek, Kemudian para pelaku itu pun menawarkan kepada korban Oyong Muda apakah ingin diselesaikan di kantor polisi atau di toko korban saja, “karna korban Oyong Muda merasa takut dan mengatakan kepada terlapor ‘selesaikan disini saja’, lalu pelaku meminta uang sebanyak Rp 10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah), karena korban Oyong Muda tidak mempunyai uang sebanyak yang mereka minta, korban Oyong hanya memberikan uang sebanyak Rp 500.000. Pelaku telah menerima uang tersebut dan selanjutnya pelaku pergi ke warung korban selanjutnya yaitu Timbul Sagala dan dengan modus yang sama terlapor menerima uang sebanyak Rp Rp 1.500.000,- (Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).” Ujar Kapolsek lagi.

Lanjut dia, Ketika para pelaku itu mengincar korban ketiga bernama Asmawati dengan modus yang serupa, akhirnya, langkah pelaku terhenti lantaran petugas kepolisian dengan sigap menangkap keempat pelaku, kemudian pelaku dibawa ke Mapolsek Tualang guna proses penyelidikan.

“Keempat pelaku sudah kita amankan, 3 diantaranya oknum wartawan yang bertugas di wilayah Riau. Barang bukti diamankan sebanyak 1 (satu) Unit Mobil Daihatsu Xenia Warna Merah Maron dengan Nopol BM 1146 EM , 1 (satu) unit camera digital, Uang sebanyak Rp 1.900.000,- (Satu Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah), 1 (satu) slop Rokok Luffman merah dan 3 (tiga) lembar tanda pengenal / anggota dari salah satu media masa” Jelasnya.

Lebih jauh dijelaskan Kapolsek, keempat pelaku dan barang bukti sudah diamankan lantaran melakukan tindakan kriminal berupa pemerasan sesuai KUHP pasal 368 dengan maksimal penjara 5 tahun.

Kapolsek juga menghimbau kepada Masyarakat apabila  ada oknum yang mengatasnamakan polisi atau yang lainnya agar secepatnya melapor kepada pihaknya. “Jika ada laporan semacam ini secepatnya akan kita tindak.” Pungkasnya.(*)

 

Laporan : Idris Harahap
Editor     : Indra H Piliang
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: