SIAK

Pramuka Kwaran 03 Minas, Hari Ini Giat Laksanakan Aksi Peduli Perangi Sampah Plastik

KARIMUNTODAY.COM, SIAK – Sehubungan dengan dikeluarkannya surat edaran oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, terkait kerangka acuan kegiatan bakti masyarakat dalam rangka Hari Pramuka ke-58 tahun 2019.

Yang mana dalam surat edaran bernomor 0347-00-E tersebut disampaikan bahwa tema yang diusung adalah Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI.

Adapun rangkaian kegiatan dalam Bulan Bakti Pramuka tahun 2019 dijelaskan oleh Mukhtasar Spd selaku Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) 03 Minas, Kwarcab Siak, Riau, diantaranya adalah. Donor Darah Serentak, pada 9 Agustus 2019 kemarin. Penetapan Bulan Bakti Pramuka, pada 14 Agustus 2019 bersamaan dengan Apel Besar Hari Pramuka ke-58.

Hingga melakukan giat pembersihan sampah plastik selama bulan Agustus di seluruh jajaran Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang yang hari ini tengah di gelar oleh kwarran se-indonesia, yang bertujuan untuk Pencetusan Komitmen Gerakan Pramuka guna Mengurangi Sampah Plastik pada saat Apel Besar Hari Pramuka ke-58 secara serentak di seluruh Indonesia.

“Rangkaian agenda Bulan Bakti Pramuka ini bertujuan Menggalang peran serta dan partisipasi aktif dari sebanyak mungkin anggota pramuka di Indonesia, termasuk anak-anak pramuka kita di Kecamatan Minas ini.” Jesal Mukhtasar kepada Wartawan Senin (12/08/19) pagi.

Lanjut dia, sebagaimana pada hari ini Senin (12/08/19) pagi. Ratusan anggota peramuka yang terdiri dari peserta didik Sekolah Dasar Negri 01 Minas berjumlah sebanyak 130 Siswa-siswi dari kelas 5 dan 6 di SDN tersebut, mereka melaksanakan aksi masyarakat peduli sampah, dalam memerangi sampah plastik.

“Hari ini kita menyelenggarakan Aksi masyarakat peduli sampah atas nama kwarran 03 Minas, hal ini kita laksanakan sesuai dengan arahan dari kwarnas Indonesia, dan ini serentak di seluruh kuwartir Ranting di seluruh indonesia,” kata Mukhtasar.

Dijelaskan Mukhtasar, “untuk kegiatan ini hanya kita ikut sertakan Anak-anak kelas 5 dan 6 saja, sekitar. 130 orang peserta didik, dan ini pertama kalinya kita adakan di Minas ini. Tentunya dengan adanya hal ini anak-anak menjadi terbiasa membuang sampah pada tempatnya, baik itu di sekolah maupun saat dia berada di rumahnya, agar anak-anak juga faham maupun mengerti untuk dapat mengurangi penggunaan plastik.” Pungkasnya.

Selain itu, kata dia, hal ini merupakan sebuah wadah memadukan gerak dan langkah jajaran Gerakan Pramuka dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan kegiatan bakti masyarakat dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019.(*)

Laporan : Idris Harahap
Editor     : Indra H Piliang
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: