SIAK

Rutin Setiap Tahun, SMP Negri 3 Minas Tahun Ini Kembali Sembelih Hewan Kurban 

KARIMUNTODAY.COM, SIAK –  Dalam rangka ikut merayakan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, keluarga besar SMP Negri 3  Minas, Kabupaten Siak, Riau, mereka melakukan penyembelihan hewan kurban berupa se-ekor sapi dan dua ekor kambing, Senin (12/8/19) pagi. Para pelajar pun terlihat sangat antusias menyaksikan penyembelihan hewan kurban sapi dan kambing yang dilakukan di halaman depan sekolah tersebut.

Kepala Sekolah SMP Negri 3 Minas Drs Edi Azman Mpd, dia menjelaskan, pelaksanaan kurban yang setiap tahun dilaksanakan di sekolah yang dipimpinnya itu merupakan hasil kerja sama pihak sekolah beserta para guru-guru yang mengajar disana. ” Kita Sembelih hewan kurban ini di hari Tasrik bukan di hari idul adha, tujuannya agar seluruh keluarga besar SMPN 03 Minas dapat hadir, kami juga mengadakan acara makan bersama disiang harinya.” Terangnya.

Menurutnya, kegiatan ini dilaksanakan sudah tahun yang kedelapan, bertujuan sebagai salah satu upaya pihak sekolah untuk menanamkan pesan moral dan kemuliaan akhlak yang ditauladankan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS sejak dini kepada seluruh pelajar di SMP Negri 3 Minas itu.

”Apa yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS kepada anaknya Ismail AS, merupakan bukti bahwa Islam mengajarkan umat untuk menanamkan kemuliaan akhlak sejak dini dan hal ini pula yang coba kita implementasikan melalui penyembelihan hewan kurban di sekolah ini setiap tahunnya,” terangnya.

Selain itu, tambahnya, nilai-nilai yang diharapkan dapat dipetik, tertanam, tumbuh dan berkembang serta senantiasa terpupuk pada diri para pelajar di SMP Negri tersebut melalui pelaksanaan kurban ini, diantaranya ketulusan dan keikhlasan untuk berbagi.

”Serta semangat kebersamaan tanpa membeda-bedakan satu sama lainnya. Baik itu antar sesama siswa, maupun antara pelajar SMPN 3 Minas ini dengan masyarakat lainnya,” paparnya.

Edi Azman menambahkan, dari hewan kurban yang disembelih itu pihak sekolah akan membagikan daging yang diperuntukkan bagi siswa miskin atau yatim piatu dan masyarakat sekitar yang di bagikan oleh guru-guru di sekolah itu.

“Dengan adanya giat ini semoga siswa dapat memahami cara menyembelih hewan yang di anjurkan oleh agama, yang merupakan pembelajaran bagi siswa khususnya kelas 9, dia mana mereka langsung melihat bagaimana praktek penyembelihan itu di lakukan, sehingga diharapkan setelah dewasa nanti dia sudah dapat memahami dan melakukan penyembelihan hewan dengan baik dan benar.” Pungkas-nya.(*)

Laporan : Idris Harahap
Editor     : Indra H Piliang
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: