RIAUSIAK

Akibat Kabut Asap Semakin Pekat, TdSi 2019 Etape III Hari Ini Batal Dilangsungkan

KARIMUNTODAY.COM, SIAK– Race pada etape III balap sepeda Internasional Tour de Siak 2019 pada lintasan Siak, Dayun, Buatan dan finish RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak, Sabtu (21/9/2019) pagi dibatalkan karena akibat kabut asap yang kian semakin menebal di wilayah kabupaten Siak. Menurut keterangan resmi dari Race Director Tour de Siak 2019 Sondi Sampurno saat ditanya wartawan di garis finish dengan berat hati dia mengatakan sekira pukul 09.00 WIB (pagi) telah melakukan start dan kondisi cuaca pagi tadi juga tampak memburuk.

“Menjelang 20 kilometer dari start, kondisinya (asap) semakin memburuk saat menuju Dayun tadi. Jadi, dengan pertimbangan bahwa kita mengutamakan keselamatan dan kesehatan pembalap, maka untuk etape III ini kita batalkan,” kata Pimpinan Pelaksana Tour de Siak itu, Sabtu (21/9/2019) pagi kepada sejumlah awak media.Race etape III dilakukan pagi hari, sebelumnya melalui hasil rapat evaluasi pada etape II Tour de Siak, Jumat (20/9/2019) malam.

Dihadiri langsung oleh Race Director Sondi Sampurno dan kawan-kawan, serta Panitia TdSi 2019 Kabupaten Siak. “Pembalap tadi sudah bubar dan kembali ke hotel masing-masing dan untuk hasil pada hari ini itu tidak ada. Insha Allah besok race etape IV direncanalan kalau cuaca baik dan tetap pada etape IV itu melalui rute etape IV,” jelas Sondi Sampurno, Sabtu (21/9/2019) pagi.

Selanjutnya diakui Sondi lagi, pada etape III ini memang tadi ada salah satu pembalap yang matanya merasa perih, dan saat itu meminta tetes mata. Saya pun melihat kondisinya memburuk maka atas keputusan itu perlombaan harus dihentikan. Hasil rapat (notulen) sebelumnya seluruh panitia sangat menghargai semangat petugas yang telah bekerja dengan baik dan sukses menyelesaikan etape II dalam keadaan aman dan lancar.

Selanjutnya mempertimbangkan cuaca cerah di pagi hari, maka untuk start etape III itu dilaksanakan sekira pukul 09.00 WIB, dan Upacara Penyerahan Penghargaan (UPP) dilakukan sebelum start dimulai. Kemudian etape III dengan lintasan Siak, Dayun, Kilometer 11, Koto Gasib dan finish Siak yang direncanakan sebelumnya sejauh 160 kilometer dan dipangkas (perpendek) menjadi sejauh 80 kilometer dan hanya berjalan satu putaran.

Hingga berita ini tayang dilaman media ini Sabtu (21/9/2019) siang, wartawan ini belum dapat keterangan resmi dari pihak penyelenggara (panitia) Tour de Siak 2019 atau Dinas Pariwisata Kabupaten Siak.(*/r)

Laporan  : Idris Harahap
Editor      : Indra H piliang
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: