KEPRIKUNDUR

Drainase Dikundur Penuh Sampah, Siapa Bertanggung Jawab?

KARIMUNTODAY.COM, KUNDUR – Keseriusan Pemerintah  Kabupaten Karimun melalui Dinas Kebersihan untuk membuat lingkungan kota menjadi lebih bersih dan tertata masih jauh panggang dari api. Sebab dibeberapa titik khususnya di Kecamatan Kundur banyak ditemukan drainase yang kurang diperhatikan dan dipenuhi sampah  sehingga menimbulkan bau menyengat, bahkan berada dipusat keramaian Tanjung Batu kota.

Melihat dari drainase yang kumuh dan penuh sampah didominasi oleh sisa makanan dan plastik, tepatnya dijalan Merdeka Kecamatan Kundur yang dinilai mengganggu pemandangan atau estetika oleh masyarakat.

 Menanggapi hal tersebut salah seorang pemilik rumah toko (Ruko) yang enggan namanya disebut media ini angkat bicara. Pemilik rumah toko tersebut menyampaikan saat karimuntoday.com investigasi kelapangan Jum,at 13 September 2019. Dirinya sangat menyayangkan sikap Dinas Kebersihan yang tidak mau melakukan sosialisasi dan mengajak masyarakat bagaimana menciptakan lingkungan yang bersih,” ungkapnya.

Tidak jauh beda disampaikan Mamat Warga Tanjung Sari Kauman, yang sedang berbelanja dipasar Tanjung Batu Kundur Jum,at 13 Agustus 2019. Menurut Mamat, Dinas Kebersihan, seharusnya melalui pihak Kecamatan, membuat kebijakan untuk sosialisasi dalam hal memberi pengertian pada masyarakat khususnya pedagang agar tidak membuang sampah sembarangan seperti didalam drainase.

Sebab perilaku semacam ini sudah jelas akan berdampak pada tersumbatnya aliran air dan akan menimbulkan aroma busuk yang menyengat, apalagi di musim kemarau seperti sekarang ini, Imbuh Mamat.

Azizah Kasi Lingkungan Kantor Camat Kundur ketika dikonfirmasi karimuntody.com Jum,at (13/9/2019) melalui ponselnya, membenarkan drainase tersebut terkesan kumuh dan banyak sisa makanan dan plastik yang di buang kedalamnya. Mengenai hal tersebut Azizah selaku kasi lingkungan Kecamatan Kundur akan segera berkordinasi dengan pimpinan Perusda unit Kundur untuk dibersihkan dan akan membuat papan plang larangan membuang sampah di drainase tersebut, terang Azizah dengan karimuntody.com.

Sampai berita ini diterbitkan Kepala Dinas Kebersihan Kabupaten Karimun belum bisa dihubungi oleh karimuntody.com, untuk diminta tanggapan. (*)

Laporan   :  (Majid)
Editor         : Indra H piliang
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: