INDRAGIRI HILIRKATEMANRIAUTEMBILAHAN

Sekdes Desa Penjuru Kateman Adanya Bantuan Rastra Sangat Membantu Masyarakat Miskin

KARIMUNTODAY.COM, KATEMAN – Adanya pembagian Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) di desa Penjuru Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir,Provinsi Riau, dampaknya menekan beban pengeluaran masyarakat, khususnya masyarakat miskin atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) merasa terbantu. KPM di desa-desa kini sudah tidak lagi memikirkan membeli beras guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Setidaknya untuk beberapa bulan ke depan (KPM) sudah terbantu karena mendapatkan bantuan beras gratis dari pemerintah dengan kualitas beras yang cukup baik sehingga layak konsumsi masyarakat.

Hal ini disampaikan, Staf Kepala Desa Penjuru melalui Munawir Sekdes Desa Penjuru kepada karimuntoday.com, Jum’at (20/9/2019), Adanya pembagian Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) di Desa Penjuru Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir,Provinsi Riau, dampaknya menekan beban pengeluaran masyarakat, khususnya masyarakat miskin atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) merasa terbantu.jumat (20/09/2019).

” Pembagian Bansos Rastra disambut gembira masyarakat Desa Penjuru. Selama stok Rastra di rumah masih tersedia, KPM tak perlu berfikir bagaimana membeli beras lagi dipasar atau warung Rastra yang dibagikan kualitasnya lumayan bagus. Jika membeli di pasar, beras sejenis Rastra ini harganya sekitar Rp.10.000 per kg,” ujarnya.

Lanjut Munawir Sekdes Desa Penjuru,Pendistribusian Rastra berjalan kondusif, Bhabinkamtibmas desa penjuru Anggota Polsek Kateman, dan Petugas lainnya dan warga dilibatkan guna memperlancar pendistribusian adapun Warga Desa Penjuru yang mendapat Bansos Rastra tercatat 96 KK (KPM) dengan jumlah total beras yang dibagikan terdiri dari 25 RT rekap penerima,Dusun maju 37 KK, Dusun permai 23 KK, Dusun indah 24 KK,Dusun Jaya 12 KK,sistem Gratis beras Rastra ini mulai tahun 2018, dan untuk 1 KK  Dapat bantuan 10 kg perbulan, “terang Munawir

Ditambahkanya lagi, Untuk mempermudah pembagian Rastra,Sekdes dan Bhabinkamtibmas dan perangkat desa da warga desa penjuru menerapkan sistim jemput bola kerumah warga dengan langsung mengantarkan kerumah sipenerima Rastra tersebut. Dengan sistim ini, pembagian Rastra berjalan aman dan lancar,” ujarnya Sekdes.

Sementara, Harapan Kades Desa Penjuru melalui Sekdes  kepada karimuntoday.com, warga/masyarakat yang sudah mampu untuk dapat memberikan kepada orang yang berhak membutuhkan,jadi butuh kesadaran penuh dari masyarakat tersebut,dan juga diminta kepada Dinas Sosial  agar turun langsung mendata warga atau masyarakat yang betul – betul layak mendapatkan batuan Rastra tersebut dan mendata ulang warga,agar Rastra dari Dinas sosial Kabupaten Indragiri Hilir tepat sasaran kepada orang betul-betul membutuhkan,”ujarnya

Terakhir dikatakan Munawir(Sekdes) Penjuru,adapun Beras Rastra bantuan dari Dinas sosial tersebut diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak mampu,terdiri dari 25 RT dan 4 Dusun Adapun pembagian Bansos Rastra tersebut dibagikan kepada masyarakat Desa Penjuru secara Gratis tampa dipungut biaya sepersenpun dan malah kita dari pihak desa bersama Bhabinkamtibmas dan perangkat desa lain dan dibantu warga lansung mengantarkan bantuan Bansos Rastra tersebut kerumah warga yang menerima bantuan tersebut,itu rasa kepedulian kita kepada masyarakat kita desa untuk mempermudah urusan dalam segi apapun untuk kesejahteraan masyarakat,tahun 2019 sudah 2× kali di rapel yang pertama Januari s/d April ke dua Mei S/d Agustus,” Tukas Sekdes

Sementara, Salah seorang ibu rumah tangga di Desa Penjuru penerima Bansos Rastra menyatakan lega mendapatkan Jatah Bansos Rastra. “Alhamdulillah tidak membeli beras lagi selama beberapa bulan,”ucapnya (*)

Laporan  :  Ridho magribi
Editor     :  Indra H piliang 
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: