INDRAGIRI HILIRKUANSINGRIAUTEMBILAHAN

Bupati Inhil HM.Wardan Hadiri PEDA KTNA Ke-XVI TH 2019 Tingkat Provinsi Riau di Kuansing

KARIMUNTODAY.COM, TELUK KUANTAN – Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Ke-XIV TH 2019 tingkat Provinsi Riau yang dipusatkan di Desa Bumi Mulya Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi, dihadiri Bupati HM.Wardan bersama Ketua TP PKK Hi.Zulaikhah Wardan, S.Sos ME, dan beberapa Pejabat Eselon dilingkungan Pemkab Inhil dan Ketua KTNA Inhil HM.Yusuf Said, Minggu (6/10/2019).

PEDA KTNA Ke-XIV TH 2019 tingkat Provinsi Riau dibuka lansung Gubernur Riau Drs.H.Syamsuar, M.Si turut juga dihadiri, Kepala Pusat Penerangan Kementrian Pertanian RI, Pejabat Eselon dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau, ketua Umum KTNA Nasional, Ketua KTNA Provinsi Riau, Pimpinan DPRD Provinsi Riau dan Ketua DPRD Kabupaten Kuansing.

PEDA KTNA Ke-XVI TH 2019 Tingkat Provinsi Riau mengangkat Tema “Menuju Petani yang Unggul, Mandiri, berdaya saing berbasis Teknologi” yang diikuti Kabupaten/Kota Se-Provinsi Riau sebanyak 600 orang peserta. Sedangkan, Kabupaten Indragiri Hilir mengutus sebanyak 36 orang KTNA yang dilaksanakan dari tanggal 6 -11 Oktober 2019.

Ketua Umum KTNA Provinsi Riau PEDA ini dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan pertemuan para kontak tani dari seluruh Kabupaten/Kota Se-Provinsi Riau dan juga terjadi transaksi disamping itu juga terjalinnya silaturahmi antara sesama petani dari seluruh Kabupaten/Kota Se-Provinsi Riau.

Sambutan Gubernur Riau Drs.Syamsuar M.Si saat membuka Pekan Daerah ini mengatakan, dengan PEDA KTNA mendorong pemberdayaan perekonomian kerakyatan. Untuk itu kita harus memperkuat BUM-Des yang ada di Desa-desa Se-Provinsi Riau.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan peninjauan ke stand Kabupaten/Kota oleh Gubernur Riau dan rombongan. Salah satunya ke stand Pemkab Inhil.

Bupati HM.Wardan yang di mintai keterangan saat meninjau stand Kabupaten Inhil yang ikut ambil bagian pada acara PEDA KTNA Ke-XVI TH 2019 tingkat Provinsi Riau mengatakan, banyak hal yang bisa ambil pelajaran bagi kelompok-kelompok tani dan bisa melihat perkembangan dan kemajuan dan upaya-upaya yang di lakukan masyarakat petani dari Kabupaten lain yang ikut PEDA KTNA KE-XVI TH 2019.

 Beliau juga menyampaikan sesuai dengan apa yang disampaikan Gubernur tadi sudah sejalan dengan program-program Pemerintah Kabupaten Inhil hari ini. Sesuai dengan apa yang tertuang di RPJMD bahwa kedepan titik berat pembangunan kita yaitu ekonomi kerakyatan yang berbasis ekonomi pedesaan.

Terakhir beliau menambahkan, PEDA KTNA KE-XVI TH 2019 merupakan kesempatan bagi masyarakat kita untuk mengerti dan memahami informasi-informasi dalam bentuk sosialisasi, pengarahan, Seminar dan temuan teknologi. Untuk itu, diharapkan kepada peserta betul-betul mengikuti ini dan bisa di terapkan di daerah kita sendiri.(r/hms)

Laporan  :  Ridho magribi  
 Editor    :  Indra H piliang

 

 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: