LIMAPULUH KOTASUMBAR

Budaya Gotong Royong TNI dan Masyarakat Sialang Siap Bangun Daerah Lewat TMMD Ke 106.

KARIMUNTODAY.COM, LIMA PULUH KOTA – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah sebagai bentuk pengabdian demi terwujudnya pertahanan Negara yang tangguh di daerah, sekaligusmenggugah partisipasi aktif masyarakat dalam membangun daerahnya dan upaya melestarikan kemanunggalan TNI-Rakyat dengan menerapkan budaya  gotong royong.

TMMD ke 106 Tersebar di 50 kabupaten/Kota, dan 52 Kodim di Indonesia, salah satunya Kodim 0306/50 Kota  di Kecamatan Situjuh Lima Nagari Kabupaten 50 Kota yang dilaksanakan selama satu bulan, mulai dari 2 Oktober hingga 1 Nopember 2019.

Situjuh Lima Nagari adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lima Puluh KotaSumatera BaratIndonesia. Kecamatan Situjuah Limo Nagari terdiri atas 5 Nagari  yaitu Situjuah Banda Dalam, Situjuah gadang, Situjuah Batua, Situjuah tungka dan Situjuah ladang laweh.

Diantara Nagari Situjuah Ladang Laweh dan Nagari Situjuah Tungka terdapat perkebunan dan pertanian masyarakat yang kesulitan transportasi untuk mengangkut panenya dikarenakan infastruktur hanya jalan setapak, biasanya hasil panen dipikul sampai beberapa kilo kejalan utama.

Untuk meningkatkan perekonomian masayarakat Nagarai Situjuah Ladang Laweh dan Nagari Situjuah Tungka, perlu pembangunan infrastruktur jalan penghubung Nagari karena di wilayahnya yang cukup luas, maka menjadi salah satu program prioritas Kabupaten 50 Kota melalui TMMD untuk membangun fisik dan nonfisik masyarakatnya.

Anggota TNI bersama masyarakat terlihat bergotong royong.

Selama pelaksanaan TMMD, semangat gotong-royong masyarakat sekitar dengan prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TMMD Kodim 0306/50 Kota sangat tinggi.

Kebersamaan semua elemen masyarakat tersebut salah satunya tampak pada pemasangan gorong gorong dan pembuatan parit di kanan dan kiri jalan yang dibangun. Masyarakat Jorong Sialang Nagari situjuh tungkar terlihat antusias bahu-membahu membantu prajurit TNI untuk bergotong royong bersama agar akses dan transportasi masyarakat di wilayah tersebut menjadi lancar dalam beraktivitas sehari-hari, termasuk mempermudah pengangkutan hasil bumi warga.

Jorong Sialang berada di Nagari Situjuh Tungka merupakan titik akhir 9.000m dalam pembukaan jalan TMMD ke 106 di kabupaten Limapuluh Kota kota.

semangat gotong-royong masyarakat sekitar dengan prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TMMD Kodim 0306/50 Kota sangat tinggi.

“Hal ini juga sudah lama ditunggu masyarakat situjuh Tungka sebagai akses penghubung dengan Nagari Ladang Laweh. Dengan terbukanya akses jalan tersebut di penghujung buka jalan TNI manunggal, antusias masyarakat Situjuh Tungkar penuh dengan semangat dengan setiap hari mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak-bapak TNI ini,” kata Walinagari Situjuah Tungka Yusrizal Dt. Pado melalui Kepala Jorong Sialang Suhaimi, Kamis (10/10).

Diterangkan, Nagari siap membatu dan memberi dukungan kegiatan TNI Manunggal.

“Kami sadar kegiatan ini sangat membantu untuk kepentingan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian di bidang pekerbunan dan pertanian Nagari Situjuah Tungka, semula kami masyarakat Sialang sangat enggan untuk mengolah lahan karena sulitnya akses jalan namun sekarang ini baru di buka saja masyarakat kami sudah bisa merasakan manfaat jalan yang di buka,” tambahnya lagi.

“Harapan kami semoga kegiatan ini berlanjut untuk pembangunan,” ujar kepala jorong kepada Letnan Kolonel Kav. Solikhin, S. Sos, M.M sebagai Dan Satgas TMMD ke 106 di wilayah Limapuluh Kota.(rls)

Laporan  : Muhammad Fadhli
Editor      : Indra H piliang
Sumber   : Penrem Wirabraja
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: