BENGKALISPEKANBARURIAU

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin Hadiri Karnaval Budaya Sumpah Pemuda ke-91 Di Pekanbaru

KARIMUNTODAY.COM, PEKANBARU – Bupati Bengkalis Amril Mukminin didampingi Sekretaris Daerah Bengkalis H. Bustami HY ikuti rangkaian acara Karnaval Budaya sempena memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019 yang ditaja langsung Pemerintah Provinsi Riau, Sabtu (18/10/2019) pukul 07.40 WIB. Di Jalan Gajah Mada Pekanbaru.

Kegiatan Lomba Karnaval Budaya tersebut dimeriahkan dari beberapa peserta yang merupakan siswa-siswi SMA dan SMK dari wilayah Provinsi Riau, 12 Mobil Hias Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, yang melewati rute dimulai dari Jalan Gajah Mada, masuk Jalan Diponegoro, lalu masuk ke Jalan Kartini, dilanjutkan ke Jalan Sudirman, selanjutnya ke Jalan Sumatera, dan berakhir di Jalan Gajah Mada.

Tujuan Karnaval Budaya ini disenggelarakan sempena memperingati Sumpah Pemuda tahun 2019, khususnya untuk membangkitkan semangat kepemudaan pemuda-pemudi Indonesia. Selain itu, kegiatan ini dilaksanakan untuk melestarikan Budaya Riau serta mampu memotivasi generasi milenial dalam mempertahankan, mengembangkan dan melestarikan Budaya Riau.

Gubernur Riau H Syamsuar dalam Sambutannya mengucapkan Selamat hari Sumpah Pemuda ke-91.

“Semoga para generasi muda mampu memberikan inovasi di Negeri ini dan ikut serta andil dalam pembangunan di Provinsi Riau”, ujar Syamsuar.

Disamping itu Syamsuar juga sangat mengapresiasi kepada Bupati/Walikota se-Provinsi Riau yang ikut serta menyemarakkan kegiatan karnaval budaya ini.

“Kami sangat mengapresiasi atas kerjasamanya, semoga jalinan silaturahmi yang baik ini tetap terjaga dengan baik”, Kata Gubri H Syamsuar.

Lebih lanjut Syamsuar menegaskan jika kita satu atau sendiri kita tidak ada apa-apanya tetapi jika kita bersatu tentunya Indonesia maju dan Insyaallah sejahtera rakyatnya.

“Untuk itu kami berharap kepada kita semua dan khususnya para generasi muda mari kita hindari perpecahan diantara kita dan hindari berita-berita hoax”, harapnya.

Kemudian dalam arahan Ketua MKA LAMR Datuk Sri Al-Azhar mengatakan satu diantara ikrar sumpah pemuda adalah menjunjung bahasa persatuan, salah satunya bahasa Melayu, dimana bahasa melayu adalah ibu dari bahasa Indonesia, yang mengajarkan arti etika dan kesopanan itulah makna dari karnaval budaya sumpah pemuda ini.

“Untuk itu kami atas nama Lembaga Adat melayu Riau menyambut baik atas dilaksanakan Karnaval budaya ini dan kami juga berharap ajang seperti ini dilaksanakan di tahun-tahun mendatang, dikarenakan di Provinsi Riau ini kaya dengan budaya dan tradisi sehingga dengan ajang seperti ini anak-anak muda mampu mengetahui tradisi dan budaya di Negeri Bumi Lancang Kuning ini”, ungkap Al-Azhar.

Senada paparan diatas Bupati Bengkalis Amril Mukminin dikesempatan itu mengucapkan selamat hari Sumpah Pemuda ke-91 tepatnya pada tanggal 28 Oktober 2019 mendatang.

“Sesuai dengan 3 Isi sumpah yang dibaca para pemuda tadi, diharapkan jangan menjadi sebuah ukiran yang dipajang namun demikian semua itu menjadi dasar untuk kita kembali bersatu ketika ada perselisihan ataupun lainnya, semoga kita tidak terpecah belah karena hal biasa”, ujar Amril.

Tampak hadir Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Afrizal Natar Nasution, Pj. Sekda Provinsi Riau Ahmadsyah Harofi, Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Mohammad Fadjar, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Wakapolda Riau Brigjen Wahyu Widada, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Rony Irianto Moningka, Bupati/Walikota se-Provinsi Riau, Kapolres dan Kapolresta se-Polda Riau, Pejabat Tinggi dan Anggota di Polda Riau, Ketua MKA Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Provinsi Riau Datuk Sri Al-Azhar, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Ormas, OKP serta Tokoh Masyarakat di Provinsi Riau.(Humas)

 

Laporan : Khaidir
Editor    : Indra H Piliang
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: