KEPRINATUNA

Gelar Seminar Geoprak, Bupati Natuna Berharap Kualitas Pariwisata Natuna Kian Meningkat

KARIMUNTODAY.COM, NATUNA – Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna melalui Dinas Pariwisata menggelar kegiatan Seminar Geoprak, dalam rangka memperingati HUT Natuna ke-20, di Gedung Sri Serindit Rabu (8/10/2019).

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, mengatakan, bahwa Kabupaten Natuna memiliki 8 Geopark yang saat ini dikembangkan oleh masyarakat Natuna.

“Geopark Ranah Natuna ini merupakan hal yang positif untuk meningkatkan kualitas pariwisata yang berkelanjutan dan edukatif” Ucap Hamid

Hamid berharap dengan hadirnya Geoprak Nasional di daerah perbatasan ini dapat meningkatkan kualitas pariwisata di daerah Natuna dengan berbagai pembenahan melalui teknologi canggih.

“Pengembangan di Natuna memiliki banyak kawasan yang memiliki unsur geologi termasuk di dalamnya unsur arkeologi, dan budaya yang dikenal dengan Geopark. Geopark Ranah Natuna tidak hanya dijadikan untuk peningkatan pariwisata saja tetapi juga sebagai sarana edukatif” ujar Hamid

Menurut Hamid, untuk mengembangkan Geopark Nasional menjadi Geopark UNISCO perlu dukungan dari kepala daerah, pemangku kepentingan dan komunitas wisata.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Seminar, Hardinansyah dalam laporannya, mengatakan bahwa Natuna telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada Oktober 2018 lalu oleh Kementerian Pariwisata.

“Untuk itu, kegiatan ini untuk meningkatkan status Geopark dari Nasional ke UNISCO, ” kata Hardinansyah yang juga Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Hardinansyah menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang Geopark, dan para pemangku Geopark.

Seminar ini diikuti, 100 peserta terdiri dari DPRD, FKPD, BUMD, Unsur Vertikal, Pimpinan OPD, Media, dan Unsur Organisasi Masyarakat. Untuk Narasumber dari Kementerian Kemaritiman, dan Pusat Penelitian, dan Perencanaan Geopark Bandung.

Laporan : Merni Lasmita
Editor     : Indra H Piliang
 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: