KAMPARRIAU

Hari ke- Empat, Pelaksanaan Musrenbang tahun 2023 di Laksanakan di Kecamatan Kampa

KARIMUNTODAY.COM, KAMPAR – Hari keempat pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Pebangunan (Musrenbang) RKPD Kecamatan tahun 2023, dipusatkan di Kecamatan Kampa tepatnya di Aula Kantor Camat Kampa, Kamis (23/2).

Pj.Bupati Kampar Dr.H Kamsol,MM yang diwakili Kadis PMD Lukmansyah Badoe,.Sos, M.Si, saat membuka dan membacakan sambutan Pj.Bupati Kampar, menyampaikan bahwa dalam penyusunan rencana kegiatan tahun 2024 akan dilaksanakan secara terkoordinasi antara perangkat daerah, sesuai dokumen perencanaan PD melalui pelaksanaan musrenbang, mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, tingkat kecamatan sertat tingkat Kabupaten.

Untuk diketahui, tahapan Musrenbang RKPD di kecamatan dilaksanakan mulai tanggal 20 s.d 24 Februari 2023 yang didahului penyampaian usulan rencana kerja perangkat Daerah, dan Usulan Pra­ musrenbang Kecamatan.

Tahapan selanjutnya adalah forum perangkat daerah yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Februari s.d 3 Maret 2023. Kemudian pra Musrenbang kabupaten tanggal 14 s/d 16 Maret 2023, dan Musrenbang RKPD kabupaten kampar 20 Maret 2023, serta tahapan terakhir Perbup tentang RKPD kab. kampar tahun 2024 yang ditetapkan paling lambat bulan Juni 2023.

Dengan demikian melalui musrenbang semua pemangku kepentingan duduk dan bermusyawarah bersama untuk membicarakan tantangan dan peluang pembangunan Daerah kedepan guna mensejahterakan masyarakat.

Hal ini sesuai juga dengan tujuan dari pelaksanaan musrenbang kecamatan adalah menjaring usulan rencana program/kegiatan prioritas tahun 2024, serta membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan.

Selanjutnya Anggota DPRD Kampar Syafrudin Domo dan Edi Efrison yang sempat hadir pada kesempatan tersebut, sama-sama menyampaikan harapan aspirasi dari masyarakat kepada Pemda Kampar melalui Dinas terkait.

Syafrudin menambahkan, memang Dewan punya Pokir. Tetapi tidak akan bisa menampung semua aspirasi, dengan demikian Syafudin minta dukungan Pemda terus untuk membangun Desa secara merata.

Kemudian kepada pada Kepala Desa, wakil rakyat tersebut juga penyampaikan agar Kades terus menerus dan berkesinambungan dalam menyampaikan usulan pembangunan infrastruktur, sosial, agama dan lainnya yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Sementara itu Camat Kampa Dedi Herman,S.STP selaku tuan rumah pelaksana, menyampaikan beberapa hal terkait pembangunan di wilayah Kecamatan Kampa.

Dedi menambahkan, walaupun hal ini sudah disusun dalam musrenbangdes dan di serahkan ke Kecamatan. Namun ini juga mesti berkoodrinasi lanjut dengan para anggota DPRD Kampar sesuai dengan masing-masing Dapil.

Sebab terkait usulan pembangunan, tidak akan cukup dibahas aspirasi dalam waktu satu hari bersama OPD terkait, melainkan kebersamaan dengan para DPRD Kampar melalui pokir-pokirnya.

Karena bagaimanapun, ini juga merupakan tanggung jawab para anggota DPR di Dapilnya masing-masing, guna menampung aspirasi masyarakat. “Ucap Dedi”.

Selain itu, terkait Kantor Desa Pulau Rambai. Dedi Herman minta agar pembangunan kantor desa tersebut untuk disegerakan. Karena saat ini kantor Desa tersebut telah dibongkar guna pembangunan Puskesmas Kampar.”jelasnya lagi” .

Sementara itu Kadis PU PR Kampar diwakili Sekretaris Rusdi Hanif, ST, dalam memberikan jawaban terkait aspirasi masyarakat yang belum terwujud.

Hanif menyampaikan, atas nama Pemda Kampar dan Dinas PU PR menyampaikan bahwa akan menampung seluruh usulan atau aspirasi masyarakat selagi anggaran tersebut ada dan mencukupi.”terang Hanif”. (rudi)

Loading...
 

Tags
Close
Close