LIMAPULUH KOTASUMBAR

Pelaksanaan TMMD 50 Kota, Kembangkan Potensi Petani Terkait Pengolahan Biji Kopi

KARIMUNTODAY.COM, LIMAPULUH KOTA  – TNI Manunggal Membangun Desa atau sering kita kenal dengan TMMD adalah suatu wujud Operasi BHAKTI TNI,yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan instansi pemerintahan serta komponen bangsa lainya, yang tidak hanya fokus  pada pelaksanaan kegiatan fisik atau infrastruktur saja. Melain, kegiatan pemberdayaan masyarakat turut jadi prioritas dalam agenda tahunan TMMD yang  ke 106.

Seperti contohnya TMMD ke 106 yang digelar Komando Distrik Militer 0306/50 Kota di Nagari Situjuah Ladang Laweh, Kecamatan Situjuah Limo Nagari di hari ke 7 pada Selasa (8/10) pagi.

Salah satu kegiatan permberdayaan yang dilaksanakan prajurit TNI tersebut, seperti pengolahan biji kopi menjadi berkwalitas tinggi.

“Sebagai rangkaian dari program non fisik TMMD ke 106 diwilayah, berikan bimbingan teknologi tentang pengolahan biji kopi mejadi berkwalitas tinggi terhadap kelompok tani,”terang Letkol Kav Solikhin Dandim 0306/50Kota melalui Komandan Satuan Setingkat Kompi Satgas TNI TMMD ke 106 Kapten Czi Alseprizal

Bimbingan teknis tersebut digelar di aula Kantor Walinagari Situjuah Ladang Laweh yang diikuti oleh sejumlah kelompok tani. Kemudian, penyuluhan tersebut turut menghadirkan nara Sumber Ir. Nin Patri Enati, MP dari Kampus Politeknik Pertanian Payakumbuh.

Penyuluhan terhadap kelompok tani diikuti berjumlah 35 orang dengan titik fokus tentang teknologi pengolahan buah kopi yang berkwalitas, untuk meningkatkan perekonomian petani. Hasil olahan kopi nantinya bisa dijadikan kopi bubuk murni, kopi tri in one, kopi capucino, kopi mocca,” ucapnya.

Seiring berjalannya kegiatan pemberdayaan, Bintara Pembina Desa yang bertugas di Situjuah Limo Nagari yang masuk ke wilayah teritorial Komando Rayon Militer 04/Luhak, yaitu Serma Wahidi dan Sertu Junaidi juga memberikan penyuluhan tentang pengolahan lahan untuk meningkatkan pH tanah. Yaitu dengan menggunakan bios 44 yang telah teruji kwalitasnya. (*)

Laporan  : Muhammad Fadhli
Editor      : Indra H piliang
Sumber   : Penrem Wirabraja

 

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close
%d blogger menyukai ini: